Moms, Inilah 5 Cara Menyimpan ASI

No comment 341 views

Katalogibu – ASI adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk bayi. Selain itu ASI berfungsi untuk memberikan kekebalan tubuh untuk bayi agar mencegah bayi tidak mudah sakit dan menghambat terserangnya infeksi. Disarankan pemberian ASI eksklusif dilakukan hingga usia bayi mencapai 6 bulan.

 

Ketika moms harus aktif beraktifitas kembali hal yang bisa dilakukan yaitu, menyiapkan persedian ASI dirumah agar bayi tetap terpenuhi nutrisinya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalam memompa ASI. Untuk meyimpan ASI moms harus tau Cara Menyimpan ASI yang tepat, berikut 5 caranya:

 

  1. Menjaga Alat Pompa Steril

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika memompa ASI adalah memastikan alat yang digunakan dalam keadaan steril. Ketika sedang memompa ASI pastikan jangan ada kontak langsung antara tangan dengan ASI. Tempat menyimpan alat pompa harus dalam keadaan bersih.

 

  1. Pilih Botol Penyimpanan / Plastik ASI

Setelah proses pompa ASI selesai di lakukan langkang selanjutnya adalah penyimpanan, menyimpan ASI bisa ditaruh di botol ataupun plastik ASI. Tetapi, tidak sembarang bahan yang dapat digunakan untuk menyimpan ASI. Pililah bahan yang bebas dari bahan kimia yang berbahaya. Dan juga penting diperhatikan jangan menggunakan botol dengan bahan kaca, karena bahan ini mudah pecah apabila ditaruh di lemari es.

 

  1. Jumlah ASI Di Botol dan Plastik ASI

Dalam hal ini moms harus memperhatikan jumlah asi yang harus disimpan di dalam plastik maupun botol. Sebaiknya simpan ASI sesuai dengan porsi per setiap minum bayi. Moms bisa mengira-ngiranya dengan melihat pola bayi ketika minum. Hal ini dilakukan untuk membantu mengurangi kontaminasi dengan bakteri.

 

  1. Beri Tanda

Untuk menjaga kualitas tingkat kesegaran ASI yang telah dipompa dan disimpan, maka moms harus memberikan tanda khusus pada botol atau plastik tempat menyimpan ASI. Semua botol ataupun plastik ASI di beri tanda berupa tanggal, waktu dan kapan ASI harus diberikan kepada bayi.

 

  1. Pilih Tempat untuk Menyimpan ASI

Tempat Penyimpanan ASI adalah hal yang harus difokuskan oleh moms, karena tempat penyimpanan ASI yang telah di pompa akan menentukan kualitas ASI yang akan diberikan. Tempat yang dapat dijadikan untuk meyimpan adalah lemari es, freezer, dan box pendingin.

 

Itulah 5 Cara Menyimpan ASI, semoga membantu moms yang sudah harus kembali aktif lagi tatapi bayi tetap mendapat nutrisi yang cukup ya.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Inilah 5 Cara Menyimpan ASI"