Moms, Intip Tips Sesaat Pasca Operasi Caesar

Tips sesaat pasca operasi caesar

Segera setelah Anda melewati proses persalinan dengan cara operasi caesar tentu Anda masih sering merasakan rasa nyeri maupun ketidaknyamanan terutama di area sayatan. Aktivitas yang dapat Anda lakukan pun sangat terbatas, bahkan seringkali dokter akan menyarankan Anda agar tidak terlalu banyak bergerak. Tetapi bukan berarti Anda tidak dapat mengurangi rasa ketidaknyamanan tersebut. Berikut adalah tips sesaat pasca operasi caesar:

  • Tips sesaat pasca operasi caesar yang pertama adalah melakukan pernapasan dalam secara rutin. Hal tersebut sangatlah penting bagi Anda yang baru saja menjalani operasi caesar untuk membersihkan paru-paru Anda dari lendir yang menumpuk di paru-paru, yang merupakan efek dari pembiusan total.
  • Harap diingat bahwa gerakan sesederhana itu bisa menimbulkan rasa nyeri pada daerah sayatan. Salah satu cara yang dapat Anda coba untuk mengurangi resiko timbulnya rasa sakit tersebut adalah dengan menahan perut Anda, terutama pada daerah sayatan dengan menggunakan bantal kecil atau gulungan handuk dengan lembut. Trik ini juga bisa Anda gunakan untuk menahan guncangan ketika Anda batuk.   Baca juga: Inilah Cara Ombre Rambut Sendiri di Rumah Dengan Sasha
  • Sama seperti Bunda yang melahirkan secara manual, Anda yang melahirkan dengan operasi caesar juga akan disarankan untuk dengan segera menyusui bayi Anda dengan ASI untuk mencegah terjadinya infeksi payudara dan juga agar bayi mendapatkan colostrum yang dibutuhkannya. Bagi Anda yang melahirkan secara caesar mungkin kegiatan tersebut menjadi lebih sulit akibat adanya jahitan luka pada perut Anda , sehingga Anda perlu mensiasatinya dengan cara yang lebih cerdik.
  • Untuk menyusui si kecil sesaat setelah operasi caesar, Anda dapat menyusui bayi Anda dengan mengapit bayi Anda, atau dengan meletakkan sebuah bantal di atas luka sayatan sebagai bantalan bayi. Dengan demikian bekas sayatan operasi pun terhindar dari hantaman gerakan bayi atau dari tekanan berat, dan bayi Anda pun dapat menyusui dengan tenang. Selain itu, Anda juga dapat menyusui bayi Anda dengan berbaring menyamping dan menjadikan lengan Anda sebagai bantalan bagi bayi saat menyusui.
  • Walaupun sangat disarankan bagi Anda untuk tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat, ada kalanya Anda harus berdiri dan berjalan-jalan sejenak untuk berolahraga. Staf perawat sudah tentu akan ada di sana untuk membantu Anda berdiri, namun tidak jarang proses berdiri membuat Anda merasa pusing. Untuk mengurangi efek pusing saat berdiri dan berjalan, Anda dapat memutar pergelangan kaki dan menekuk tungkai sebelum bangkit dari tempat tidur. Setelah itu miringkan tubuh Anda dan dorong tubuh Anda ke posisi duduk. Eits, jangan langsung berdiri! Berikanlah beberapa menit untuk memutar pergelangan kaki untuk melancarkan aliran darah sebelum berdiri.

Demikianlah beberapa tips mengenai tips sesaat pasca operasi caesar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Intip Tips Sesaat Pasca Operasi Caesar"