Moms, Penting Mengetahui Pola Tidur Bayi!

Pada bayi yang baru lahir kebanyakan waktunya dihabiskan dengan tidur, bayi bangun hanya sebentar itupun dia belum tentu mau untuk diberi ASI. Ketika bayi sudah bisa menyesuaikan linkungan barunya bayi paling tidak sehari akan tidur 12 sampai 20 jam per hari. Untuk itu, moms harus Mengetahui Pola Tidur Bayi, Berikut ulasannya.

 

Pola tidur masing-masing bayi berbeda sesuai dengan tingkatan umurnya. Pada usia 0 samapai 2 bulan bayi biasanya mempunyai pola tidur yang lebih lama dibandingkan orang dewasa ataupun anak-anak. Ketika bayi bayi baru lahir hari-harinya akan dihabiskan dengan tidur. Paling tidak bayi akan menghabiskan waktunya dengan tidur sekitar 16 jam per hari. Dengan pembagian waktu untuk tidur siang sekitar 7,5 jam dan pada malam hari 8,5 jam.

 

Selanjutnya ketika bayi menginjak umur 3 bulan jumlah waktunya tidak sebanyak umur 0 sampai 2 bulan. Bayi umur 3 bulan akan menghabiskan waktu tidurnya sebanyak 15 jam perhari. Dengan pembagian waktu tidur siang sekitar 5 jam dan untuk malam hari bayi akan tidur sekitar 10 jam.  Begitupun untuk bayi usia 4 sampai 5 bulan waktu tidurnya sama dengan bayi usia 3 bulan. Hanya beda pembagian waktunya saja. Bayi 4 samapai 5 bulan akan tidur siang selama 4 jam dan tidur malamnya 11 jam.

 

Bayi usia 6 bulan akan menghabiskan waktunya 14,5 jam. Pada umur 6 bulan sudah bisa melihat benda yang ada di lingkungannya. Dan juga bayi sudah mulai aktif bergerak yang mengaibatkan frekuensi tidur bayi semakin berkurang.  Estimasi waktu tidurnya untuk sianga hari bayi akan menghabiskan waktu tidur siang sekitar 4,5 jam, sedangkan untuk malam hari bayi akan menghabiskan waktu tidurnya selama 10 jam.

 

Diusia 7 sampa 9 bulan lama tidur bayi adalah 14 jam. Estimasi waktu tidur bayi  semakin berkurang karena di usai ini bayi sudah mulai aktif bergerak, bayi sudah mulai tengkurap. Diusia ini moms harus tahu kapan bayi akan mengantuk. Biasanya bayi akan rewel jika mengantuk. Untuk estimasi tidur siang bayi di usia 7 sampai 9 ini tidur siangnya sebanyak 3 sampai 4 jam, sengakan malam sekitar 10 samapai 11 jam.

 

Bayi dengan usia 9 sampai 12 bulan ini waktu tidur siangnya akan semakin sedikit dibandinngkan malam hari. Karen bayi mulai bisa merangkak bahakan sebagian bayi sudah bisa berjalan. Diusia ini bayi akan tidur siang sebanyak 2,5 jam samapai 2 jam dan akan menghabiskan tidur malamnya sebanyak 11 jam.

 

Agar bayi tercukupi tidurnya moms harus Mengetahui Pola Tidur Bayi bayi moms tidak rewel saat tidurnya kurang tercukupi. Dan moms bisa memperkirakan jam tidur pada si kecil.

 

author
No Response

Leave a reply "Moms, Penting Mengetahui Pola Tidur Bayi!"