Moms, Simak Cara Paling Jitu Saat Buah Hati Mogok Makan

picky-eater2

Menghadapi anak yang susah makan memang menjadi dilema yang umum dihadapi oleh hampir semua orangtua. Dan sampai kapanpun, saat anak Anda menolak untuk makan Anda pun langsung dilanda kekhawatiran. Penyebab dari anak yang malas makan bisa beraneka ragam, Moms. Bisa jadi anak Anda menunjukkan gejala sakit dan harus segera dibawa ke dokter, atau bisa saja karena ia merasa bosan atau tidak suka dengan makanannya. Mengetahui penyebabnya sangatlah penting sebelum Anda mengambil tindakan. Dan berikut adalah beberapa cara paling jitu saat buah hati mogok makan.

 
• Hidangkan Makanan dengan Kemasan yang Menarik
Seringkali anak menolak makanan yang Anda hidangkan karena penampilan makanan tersebut yang kurang menarik. Anak-anak memang sangat bergantung pada penampilan visual makanan. Semakin berwarna-warni makanan yang mereka lihat, maka mereka akn semakin berminat untuk memakannya. Jadi, salah satu cara paling jitu saat buah hati mogok makan adalah dengan menyajikan hidangan yang lucu dan menarik. Ditambah lagi, dengan semakin maraknya cetakan nasi dan lauk yang dijual bebas di pasaran, Anda tidak perlu repot-repot membentuk makanan anak secara manual.

 
• Jangan Memberikan Iming-Iming Hidangan Camilan Sebagai Hadiah
Memberikan hadiah untuk si kecil setelah ia mau menyantap sayuran yang tidak ia suka bisa dilakukan sekali-sekali. Tapi Anda wajib berhati-hati dalam menentukan hadiah yang akan Anda berikan. Banyak orangtua yang menganggap bahwa hadiah camilan kesukaannya seperti kue atau permen merupakan hadiah yang pantas dan juga praktis.

Tapi di situlah kesalahannya, Bunda. Anak Anda kemudian akan menganggap bahwa menyantap sayuran bukanlah suatu kewajiban, dan mereka bisa saja menolak menyantap sayuran tersebut jika Anda menolak untuk memberikannya hadiah camilan yang ia suka. Jika Anda masih ingin untuk memberikan hidangan penutup lezat sebagai hadiah untuk anak Anda, Anda bisa membuat sendiri hidangan penutup yang jauh lebih menyehatkan untuk anak Anda. Contohnya seperti membuat yoghurt smoothies atau salad buah.

 
• Rutin Mengganti Menu
Jika Anda menghidangkan makanan yang itu-itu saja untuk anak Anda, tak heran jika lama-kelamaan ia merasa bosan. Dan hal ini bisa terjadi jika Anda menghidangkan makanan favoritnya sekalipun. Makanya, sangatlah penting buat Anda untuk rajin mengganti menu. Tak harus setiap hari, Anda bisa mengganti menu makanan tiap 2 hari atau tiap minggu. Anak jadi tidak bosan, dan ia pun mendapatkan nutrisi yang lebih seimbang.

 
Selamat mempraktekkan cara paling jitu saat buah hati mogok makan di atas, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Simak Cara Paling Jitu Saat Buah Hati Mogok Makan"