Moms, Simak Tips Berpuasa Saat Hamil Ini Yuk

No comment 287 views

tips berpuasa saat hamil

Bunda, tidak terasa dalam hitungan hari kita semua akan memasuki bulan Ramadhan, ya? Dalam bulan yang suci bagi seluruh umat Islam ini, umat muslim seluruh dunia akan melakukan ibadah puasa. Bagi Anda yang saat ini sedang berada di dalam masa kehamilan tentu sudah mengetahui bahwa Anda tidak diwajibkan untuk berpuasa. Akan tetapi, tidak jarang banyak ibu hamil yang juga ingin melaksanakan ibadah berpuasa. Jika Anda ingin tetap berpuasa di bulan Ramadhan, Anda wajib menyimak tips berpuasa saat hamil berikut ini.

Salah satu tips berpuasa saat hamil bagi ibu yang sedang mengandung adalah untuk memperhatikan asupan makanan yang sehat, dengan prosentase 50% karbohidrat, 30% protein, dan 10-20% lemak. Saat menyantap sahur, hindari makan dalam kapasitas besar sekaligus. Makan banyak dalam waktu yang terlampau cepat dapat mengakibatkan lambung terbebani dan pada akhirnya dapat memicu morning sickness.

Saat memilih makanan, baik untuk sahur maupun berbuka pun Anda harus berhati-hati dan menghindari makanan yang memiliki rasa yang terlalu tajam, pedas, dan berminyak, karena makanan-makanan tersebut dapat melukai lambung dan mengakibatkan muntah atau perut terasa penuh. Sebaliknya, alangkah baiknya untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran hijau, makanan berprotein rendah lemak, dan mengkonsumsi air putih yang banyak untuk membantu menjaga agar tubuh Anda tetap terhidrasi. Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen vitamin untuk membantu menjaga stamina Anda selama berpuasa.

Hanya saja, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menemukan jenis vitamin yang tepat untuk ibu hamil. Karena tidak semua suplemen vitamin, bahkan yang berlabel alami sekalipun dapat dikonsumsi secara sembarangan oleh ibu hamil.

Anda juga perlu mengingat bahwa stamina Anda lebih rendah dibandingkan dengan wanita-wanita yang tidak hamil. Sehingga ada baiknya Anda tidak beraktivitas terlalu banyak, dan segera beristirahat saat Anda mulai merasa lelah. Selain itu, ada satu hal lagi yang perlu diingat, Moms. Dalam kondisi tertentu, ibu hamil memang tidak disarankan untuk berpuasa. Apabila Anda memiliki hipertensi, gangguan ginjal dan hati, diabetes, atau mengandung bayi kembar, maka ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui apakah memungkinkan bagi Anda untuk berpuasa di bulan Ramadhan.

Demikianlah beberapa tips berpuasa saat hamil. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Simak Tips Berpuasa Saat Hamil Ini Yuk"