Moms, Simak Tips Memilih Susu Yang Cocok Untuk Anak

ASI merupakan satu-satunya asupan makanan yang dibutuhkan oleh bayi Anda. Di usia 0-6 bulan, sistem pencernaan bayi masih belum berkembang dengan sempurna. Memberikan makanan semi-padat dan makanan padat di usianya yang sangat muda tersebut dapat membahayakan nyawanya karena ia belum mampu untuk mencerna makanan tersebut. Seluruh nutrisi yang ia butuhkan saat ini sudah terpenuhi oleh asupan ASI, jadi alangkah baiknya jika Anda memberikan ASI eksklusif untuk bayi Anda. Namun ada kalanya Anda tidak dapat memberikannya ASI dikarenakan suatu hal. Sehingga tidak ada pilihan lain selain memberikannya susu formula (sufor) sebagai pengganti ASI. Nah, apa sajakah tips memilih susu yang cocok untuk anak?

Yang jelas, sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui tips memilih susu yang cocok untuk anak. Alasannya, karena Anda menggunakan susu formula tersebut sebagai pengganti ASI maka sudah seharusnya Anda mencari sufor dengan kandungan nutrisi yang paling tidak mirip dan mendekati nutrisi yang dimiliki oleh ASI. Apa sajakah kandungan nutrisi tersebut?

  • Vitamin D

Vitamin D merupakan jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh bayi Anda dalam penyerapan kalsium. Kalsium sendiri berfungsi untuk menguatkan struktur sel-sel tulang dan gigi bayi. Kecukupan kalsium pada bayi akan membuat bayi memiliki tulang dan gigi yang kuat dan tidak mudah keropos. Selain itu, vitamin D juga berperan untuk mencegah adanya penyakit autoimun, penyakit kardiovaskuler, dan masalah pernapasan pada anak Anda.

  • Zat Besi (Fe)

Zat besi merupakan nutrisi makanan yang berperan sebagai pembentuk hemoglobin atau sel darah merah. Hemoglobin memiliki peranan yang sangat penting sebagai pengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi Anda untuk mencari susu formula dengan kandungan zat besi yang cukup untuk bayi Anda. Karena, kekurangan asupan zat besi dapat mengakibatkan bayi Anda menderita suatu kondisi medis yaitu anemia.

  • Taurin

Lemak merupakan komponen penting yang sangat dibutuhkan oleh bayi Anda. Selain sebagai cadangan energi, lemak juga berfungsi sebagai zat pembangun bagi sel-sel tubuh termasuk sel-sel otak. Oleh karena itu, bayi membutuhkan asupan zat taurin dimana taurin dapat memaksimalkan penyerapan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh bayi Anda.

  • AA dan DHA

Asam lemak AA (Arachidonic Acid) dan DHA (Docosahexaenoic Acid) adalah 2 jenis asam lemak yang sangat vital untuk perkembangan bayi Anda. Baik AA dan DHA sama-sama dibutuhkan untuk membantu perkembangan fungsi organ mata dan juga perkembangan otak bayi.

Demikianlah beberapa tips memilih susu yang cocok untuk anak. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Simak Tips Memilih Susu Yang Cocok Untuk Anak"