Moms, Simak Tips Menangani Bayi Asma Ini Yuk

thumbnail-3

Penyakit asma atau asthmaadalah penyakit yang menyerang sistem pernapasan, dan cukup sering dialami oleh anak-anak. Seringkali asma merupakan reaksi alergi terhadap beberapa macam faktor seperti bulu binatang, debu, serbuk bunga, udara dingin, dan lain sebagainya. Sehingga, sifat dari penyakit asma ini cenderung kambuhan dan dapat muncul kapanpun ketika bayi Anda terekspos dengan faktor alergen. Yuk, simak apa saja gejala dari asma sekaligus tips menangani asma pada bayi.
Gejala dari asma sangat mudah dikenali, yaitu bayi Anda akan mengalami kesulitan bernapas atau napas menjadi berat dalam jangka waktu yang lama. Napas dari bayi yang terkena asma pun mengeluarkan bunyi seperti peluit ringan, atau yang dikenal dengan istilah mengi. Pada anak-anak, jika penyebab asma adalah udara dingin, maka gejala asma tersebut akan muncul di malam hari atau saat subuh. Sedangkan saat hari menjelang siang napas mereka kembali menjadi normal. Dan satu lagi, setelah diberikan perawatan pun gejala asma tersebut akan muncul sesekali. Nah, berikut adalah tips menangani bayi asma yang dapat Anda terapkan.
• Menggunakan Inhaler
Solusi paling cepat dalam membantu melancarkan pernapasan bayi selama gejala asma berlangsung adalah dengan memasangkan alat bantu pernapasan atau inhaler pada bayi Anda. Dan karena gejala asma dapat terjadi kapanpun dan dimanapun, Anda diwajibkan untuk membawa serta inhaler saat Anda keluar bersama si kecil.
• Mengaplikasikan Obat Dalam Jangka Panjang
Asma pada bayi juga dapat diringankan dengan mengaplikasikan obat yang sudah diresepkan oleh dokter. Obat ini umumnya berbentuk cairan dan dicampurkan pada inhaler. Bayi kemudian akan menghirup uap dari obat tersebut.

Obat juga bisa diberikan dalam bentuk masker oksigen. Perawatan ini mungkin akan menjadi kurang efektif seiring dengan pertumbuhan bayi dan jika ia sudah mulai menginjak usia kanak-kanak.
• Berikan Makanan Yang Bergizi
Percaya tidak percaya, makanan ternyata dapat membantu meminimalisir kumatnya asma pada bayi Anda. Segera setelah ia berusia lebih dari 6 bulan, Anda mulai dapat memberikan MPASI untuk bayi Anda.

Perkenalkan bayi Anda dengan puree apel atau puree alpukat. Buah apel mengandung flavonoid, sejenis antioksidan yang dapat membantu melancarkan sistem pernapasan bayi. Sedangkan alpukat mengandung zat antioksidan bernama glutathin yang dapat membantu memerangi zat-zat radikal bebas dalam tubuh sehingga tubuh bayi menjadi lebih kuat dan ia tidak mudah terserang penyakit.
Semoga tips menangani asma pada bayi ini membantu menginspirasi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Simak Tips Menangani Bayi Asma Ini Yuk"