Moms, Simak Tips Mengurangi Gatal Pada Perut Saat Hamil, Yuk

 mengurangi gatal pada perut saat hamil

Memasuki masa kehamilan trimester ketiga tentunya membuat hati Anda dipenuhi dengan rasa bahagia dengan sedikit rasa waswas. Dan setelah memasuki masa kehamilan akhir ini pastinya Anda merasakan beberapa perubahan fisik selain membesarnya perut Anda. Salah satu gejala yang cukup sering dirasakan oleh ibu hamil di usia kehamilan ini adalah perut yang gatal. Dan walaupun tidak berbahaya, rasa gatal tersebut pastinya membuat ibu merasa tidak nyaman. Nah, simak tips mengurangi gatal pada perut saat hamil ini, yuk.

  • Mengaplikasikan Lotion Pelembap

Kulit kering tidak hanya dapat mengakibatkan kulit menjadi mudah gatal, tapi juga dapat mengakibatkan iritasi sebagai akibat dari bekas garukan. Maka dari itu, tips mengurangi gatal pada perut saat hamil yang pertama adalah dengan mengaplikasikan krim atau lotion pelembap pada kulit Anda. Lotion tersebut tidak hanya berfungsi untuk membantu melembapkan kulit sehingga memperkecil kemungkinan munculnya gatal-gatal pada kulit, tetapi juga membantu mengurangi timbulnya iritasi pada kulit.

  • Perbanyak Konsumsi Sayur, Buah-Buahan dan Air Putih

Usaha untuk menghidrasi kulit tidak hanya dapat dilakukan dengan mengaplikasikan lotion pelembap, Anda juga dapat mencoba cara yang lebih alami yaitu dengan memperbanyak konsumsi sayur mayur, buah-buahan, dan air putih. Ketiga bahan makanan dan minuman tersebut memiliki kandungan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh.

Tak hanya itu, sayuran dan buah-buahan juga mengandung serat dan vitamin-vitamin yang dapat membantu menyokong tumbuh kembang janin, apalagi di masa kehamilan akhir ini.

  • Pakai Baju Berbahankan Katun

Tumbuhnya bakteri penyebab gatal-gatal di kulit juga bisa disebabkan oleh kondisi kulit yang lembap oleh keringat, terutama saat cuaca panas. Maka dari itu, sangatlah penting bagi Anda untuk memperhatikan jenis pakaian yang Anda kenakan. Pilihlah bahan kain yang mempermudah sirkulasi udara dan dapat menyerap keringat dengan baik, salah satunya adalah kain katun.

Dengan mengenakan baju dari bahan katun, Anda pun akan terhindar dari gatal-gatal dan yang jelas Anda pun akan merasa semakin nyaman.

  • Mandi Dengan Air Dingin

Mungkin beberapa dari Anda beranggapan bahwa dengan mandi air hangat maka akan dapat membunuh bakteri penyebab gatal-gatal. Akan tetapi, mandi dengan air hangat justru dapat menghilangkan kelembapan alami tubuh sehingga kulit menjadi semakin kering dan semakin rawan terkena gatal-gatal. Jadi, lebih baik Anda mandi dengan menggunakan air dingin yang lebih rawan terhadap kulit.

Demikianlah beberapa tips mengurangi gatal pada perut saat hamil. Semoga bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Simak Tips Mengurangi Gatal Pada Perut Saat Hamil, Yuk"