Moms, Simak Yuk Tips Terbaik Untuk Mengusir Baby Blues

Mother with daughter (6-11 months) in living room

Baby Blues tentunya tak lagi terdengar asing di telinga para ibu modern. Baby blues merupakan sindrom perubahan mood yang sangat umum terjadi pada 50% – 80% ibu yang baru saja menjalani persalinan. Ibu yang terkena baby blues pada umumnya menunjukkan beberapa gejala seperti perubahan mood yang drastis, sering marah dan menangis, dan selalu diliputi oleh rasa cemas. Penyebab dari baby blues sendiri sangat bermacam-macam. Kebanyakan munculnya baby blues disebabkan oleh pengaruh perubahan hormon yang juga terjadi saat Anda baru saja menjalani proses persalinan. Hormon kewanitaan seperti hormon estrogen dan hormon progesteron menurun secara drastis sehingga berpengaruh terhadap mood Anda. Selain itu masih ada faktor lain seperti faktor kelelahan dan kurang tidur yang sering sekali menimpa ibu setelah bayi mereka lahir. Nah, berikut ini adalah tips terbaik untuk mengusir baby blues.
• Jangan Terlalu Menyalahkan Diri Sendiri
Tips terbaik untuk mengusir baby blues tentunya mengontrol sendiri pikiran Anda. Akar dari baby blues sendiri seringkali berasal dari dalam diri Anda sendiri, dimana Anda kecewa pada diri sendiri dan menilai bahwa Anda adalah seorang ibu yang gagal. Percayalah, Moms. Bahkan ibunda Anda pun tidak langsung handal dalam mengurus Anda saat Anda masih bayi.

Merawat dan membesarkan anak membutuhkan proses yang tentunya tidak bisa dicapai di minggu pertama setelah persalinan. Lakukanlah hal-hal yang Anda bisa sebaik mungkin, dan dalam waktu beberapa minggu Anda pasti akan lebih terbiasa dengan kehidupan baru Anda.
• Jangan Ragu Untuk Meminta Bantuan Pasangan
Saat Anda menikah dengan pasangan Anda, pastinya Anda berpikir bahwa Anda ingin untuk membangun keluarga dengan pasangan tercinta. Dan tentu saja untuk membangun rumah tangga yang ideal, kerjasama antara istri dan suami sangat dibutuhkan, apalagi setelah anak Anda hadir di tengah-tengah keluarga kecil Anda.

Mintalah bantuan pada pasangan Anda untuk membantu Anda untuk mengurus anak sekaligus mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Jika suami Anda terlampau sibuk, jangan putus asa. Mintalah bantuan pada orangtua, saudara, atau jika perlu sewalah jasa pembantu sehingga Anda dapat mencurahkan segala perhatian Anda pada si kecil tanpa harus terbebani dengan pekerjaan rumah tangga yang menumpuk.
• Beristirahat yang Cukup
Setelah kehadiran si kecil, tentunya Anda terpaksa mengorbankan waktu tidur Anda untuk mengurus si kecil, terutama saat si kecil sedang rewel. Akibatnya mood Anda pun jadi memburuk sehingga memicu terjadinya baby blues. Aturlah kembali pola tidur Anda, Moms. Anda bisa tidur saat si kecil juga tertidur, atau Anda juga bisa meminta bantuan pasangan untuk bergantian menjaga si kecil selagi Anda beristirahat.
Demikianlah beberapa tips terbaik untuk mengusir baby blues. Semoga bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Simak Yuk Tips Terbaik Untuk Mengusir Baby Blues"