Moms, Yuk Ketahui Serba-Serbi Test Darah Saat Hamil!

Test Darah Saat HamilBunda, pernahkah Anda mendengar tentang istilah test darah kehamilan? Test kesehatan tersebut dilakukan dengan cara mengambil sampel darah Anda yang kemudian akan diteliti oleh para tenaga medis. Pemerintah telah lama mengupayakan agar seluruh ibu hamil dapat mengakses layanan ini dengan harga yang sangat terjangkau. Namun seberapa pentingkah test darah saat hamil?

Test darah saat hamil wajib dilakukan bagi Anda yang ingin memperoleh masa kehamilan yang sehat dan melahirkan anak yang sehat pula. Test ini pada umumnya dilakukan saat usia kehamilan Anda mencapai minggu ke-10 hingga minggu ke-12. Dan Anda perlu melakukan test darah kembali pada minggu ke-28 dari usia kehamilan. Tujuan dari tes darah sendiri adalah untuk mengetahui ada tidaknya virus atau bakteri yang memiliki potensi berbahaya untuk janin Anda (sebagai contoh: TORCH), sekaligus untuk mengetahui apakah bayi memiliki kelainan atau tidak. Dengan diketahuinya berbagai gejala infeksi virus atau kelainan yang ada pada janin, maka akan sangat membantu dokter kandungan dalam memberikan pengobatan sehingga dampak yang lebih serius dapat dicegah.  Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

Saat melakukan test darah saat hamil, Anda akan melalui serangkaian tes, yaitu antara lain:

  • Tes Darah Lengkap

Tes darah lengkap bertujuan untuk mengetahui kadar hemoglobin dalam sel darah merah Anda. Apabila kadar hemoglobin dalam darah Anda menunjukkan jumlah yang lebih sedikit dari kadar yang seharusnya, maka Anda akan diberikan berbagai suplemen yang berfungsi untuk merangsang produksi hemoglobin sehingga Anda terhindar dari resiko penyakit anemia kronis. Selain itu, jumlah sel darah putih dan platelet juga turut dihitung sebagai indikasi apakah di dalam tubuh Anda terjadi infeksi.

  • Tes Golongan Darah, Antibodi, serta Faktor Resus

Kategori tes darah ini semata-mata dilakukan untuk mengetahui golongan darah Anda sekaligus untuk mengetahui jenis resus antibodi pada darah Ibu yang juga akan berpengaruh terhadap resus darah dari janin Anda.

  • Tes Imunitas Terhadap Virus Rubella

Tes yang termasuk dalam rangkaian pencegahan infeksi TORCH ini bertujuan untuk meneliti apakah Anda sudah memiliki imunitas terhadap virus Rubella atau tidak. Imunitas tersebut bisa Anda dapatkan apabila sebelumnya Anda sudah pernah terjangkit penyakit ini atau Anda sudah menerima vaksinasi penyakit Rubella. Bagi bunda yang sedang hamil, pencegahan dari penyakit Rubella sangatlah penting mengingat bayi Anda terancam mengidap kecacatan, lahir prematur, bahkan bukan tidak mungkin jika bayi Anda mati di dalam kandungan apabila Anda terinfeksi virus ini saat hamil.

Dan tentu saja rangkaian test darah saat hamil tidak berhenti di situ saja. Anda juga diharuskan untuk melakukan tes darah untuk meneliti ada tidaknya virus HIV, Sifilis, serta hepatitis B dan hepatitis C.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Yuk Ketahui Serba-Serbi Test Darah Saat Hamil!"