Moms, Yuk Simak Dampak Positif dan Negatif Homeschooling

Dampak Positif dan Negatif Homeschooling

Moms, pastinya di era masa kini Anda tidak lagi asing dengan sistem pendidikan homeschooling, bukan? Homeschooling, atau pendidikan dari rumah sebenarnya bukanlah hal yang baru, salah satu sosok orangtua yang berhasil melakukan program homeschooling adalah ibu dari penemu besar Thomas Alva Edison. Dan beberapa tahun belakangan ini, tren homeschooling muncul ke permukaan dan cukup banyak orangtua yang menerapkan metode ini. Namun, apa sajakah dampak positif dan negatif homeschooling?

(+) Sama seperti hampir semua hal yang ada di dunia ini, pastilah ada dampak positif dan negatif homeschooling. Namun untuk poin positif dari melakukan homeschooling adalah, anak Anda terbebas dari kurikulum sekolah yang memberatkan dan dapat mengembangkan minat dan bakat yang ia miliki. Hal tersebut pastinya sangat berbeda dibandingkan dengan sistem pendidikan sekolah formal dimana anak dipaksa untuk dapat menguasai semua mata pelajaran.  Baca juga: Ladies, Ini Ternyata Manfaat Mengkonsumsi Kulit Buah-Buahan!

(-) Akan tetapi, dampak negatif dari homeschooling adalah, salah satu dari Anda atau pasangan harus siap menjadi tulang punggung tunggal bagi keluarga, dalam hal ini adalah jika Anda dan pasangan sama-sama memiliki pekerjaan. Dalam dunia homeschool, salah satu dari orangtua harus bersedia untuk berperan sebagai guru bagi anak-anaknya, dan jika pada saat ini rumah tangga Anda tengah berjuang dalam menstabilkan sisi finansial, maka langkah ini bisa menjadi pengorbanan terbesar dan terberat yang harus Anda pertimbangkan

(+) Homeschooling memberikan kebebasan bagi anak untuk menjadi dirinya sendiri. Di sekolah formal, anak Anda akan lebih rawan terkena bullying atau memaksa dirinya untuk “fit in” agar ia diterima oleh teman-temannya. Hal tersebut tentu saja dapat memberikan dampak jangka panjang terhadap tingkat kepercayaan dirinya. Dengan metode homeschooling, anak Anda dapat mengenakan pakaian seperti apapun dan bersikap apa adanya tanpa perlu khawatir mereka akan menjadi sasaran bullying.

(-) Ketika Anda bertekad untuk mendidik sendiri anak Anda dengan metode homeschooling, maka Anda perlu menyadari bahwa hal tersebut akan memakan mayoritas waktu yang Anda miliki. Anda juga membutuhkan kreativitas yang luas dalam merancang aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan oleh anak Anda. Hal tersebut bisa jadi menjadi tantangan yang cukup berat terutama jika Anda adalah seorang single parent, dimana Anda wajib untuk menyeimbangkan waktu untuk bekerja dengan waktu untuk mendidik anak.

Demikianlah dampak positif dan negatif homeschooling.  Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Yuk Simak Dampak Positif dan Negatif Homeschooling"