Nanas Berbahaya untuk Ibu Hamil! Mitos atau Fakta?

Nanas Berbahaya untuk Ibu Hamil! Mitos atau Fakta?

Nanas untuk ibu hamil – Pada saat hamil wanita harus lebih protektif dalam melakukan hal apapun contohnya dalam memilih makanan. Ada beberapa makanan yang harus dikonsumsi dan tidak baik untuk dikonsumsi, contoh makanan yang harus dikonsumsi adalah makanan yang mengandung nutrisi dan gizi di dalamnya. Ada juga makanan yang tidak boleh untuk dikonsumsi karena beberapa faktor.

Berbicara tentang makanan yang tidak boleh dikonsumsi, pernahkah Anda mendengar bahwa nanas untuk ibu hamil itu membahayakan? Sebenarnya hal tersebut merupakan mitos atau fakta?

Seperti halnya buah lainnya,  sebenarnya nanas bagus untuk kesehatan karena kandungan nutrisi, terutama vitamin C dan serat yang cocok untuk kesehatan pencernaan dan kekebalan tubuh. Namun jika Anda adalah seorang ibu yang sedang hamil, sebaiknya menghindari makan buah nanas.

Bahaya nanas untuk ibu hamil

1. Kontraksi rahim
Nanas mengandung bromelian, menurut para peneliti bromelian yaitu enzim yang dapat menyebabkan melemahkan leher rahim dan bisa mengakibatkan rahim berkontraksi. Seringnya mengonsumsi buah nanas juga akan membuat ibu hamil mengalami diare, untuk itu mengonsumsi nanas untuk ibu hamil tidak dianjurkan.

2. Menyebabkan keguguran
Kandungan enzim bromelain yang mirip dengan papain dalam buah pepaya,dikatakan keduanya bisa memberikan efek buruk pada ibu hamil. Hal ini karena bromelian bisa menyebabkan kontraksi rahim, sehingga bisa menyebabkan keguguran. Terutama untuk nanas yang masih hijau dan mentah, bisa menginduksi aktivitas rahim dan membahayakan kehamilan. Untuk itu nanas tidak untuk dikonsumsi ibu hamil terutama pada awal-awal kehamilan.

3. Masalah kehamilan lainnya
Nanas yang bersifat masam dapat mengakibatkan gangguan pada lambung apalagi jika ibu hamil memiliki riwayat penyakit maag. Meskipun buah nanas dapat dikonsumsi oleh ibu hamil akan tetapi bagi ibu hamil yang menderita gastritis sebaiknya dihindari sama sekali karena dapat mengangu kesehatan Anda dan janin.

Terlepas dari mitos atau fakta tentang larangan mengonsumsi nanas untuk ibu hamil bisa Anda simpulkan sendiri dari informasi diatas. Ada baiknya untuk menghindari hal – hal yang meragukan, masih banyak buah – buah lain yang bagus untuk dikonsumsi saat hamil. Baca juga : 4 Manfaat Nanas yang Terlupakan

author
No Response

Leave a reply "Nanas Berbahaya untuk Ibu Hamil! Mitos atau Fakta?"