Panduan Penting Menggunankan Car Seat untuk Keselamatan Bayi

Panduan Penting Menggunankan Car Seat untuk Keselamatan Bayi

Car seat – Anda terpaksa mengajak si kecil pergi bersama mengendarai mobil karena di rumah tidak ada yang menjaganya? Boleh boleh saja namun perhatikan keselamatan bayi ya bun! Jika biasanya Anda memangku bayi ketika berada di mobil segera hentikan kebiasaan itu sekarang juga. Karena dapat membahayakan bayi ketika mobil direm mendadak atau ketika mengalami tabrakan.

Bayi dapat terbentur dash board maupun kursi depannya, bahkan bisa terbentur kaca karena terbanting dan terjepit tubuh Anda. Jadi pastikan bayi duduk dengan nyaman di car seat saat perjalanan. Agar bayi aman dan nyaman ketika duduk di car seat berikut panduannya sesuai pentunjuk dari American Academy of Pediatrics.

Tips menggunakan car seat

1. Agar dapat menahan bayi, sesuaikan car seat dengan berat badan bayi. Ada beberapa car seat yang hanya bisa menahan berat badan sampai 9 kilogram dan ada pula yang dapat menahan hingga 18 kilogram. Jika berat badan bayi sudah melampaui batasan jangan menggunakan car seat karena tidak bisa menjamin keselamatannya. Car seat yang terlalu sempit juga akan memberikan rasa tidak nyaman. Anda bisa melihat dari kelapanya, jika kepala melebihi bagian atas car seat itu tandanya sudah kekecilan.

2. Saat akan memasang car seat cermati petunjuk pemasangan dengan teliti dan ketika telah terpasang ujilah terlebih dahulu mendudukan anak pada saat mobil dalam keadaan diam. Jangan lupa untuk memasang sabuk pengaman yang ada pada car seat dengan benar. Semahal apapun agar car seat tidak akan menjamin jika Anda memasanganya sembarangan.

3. Perlu diingat bahwa car seat tidak akan akur dengan airbag, untuk itu lekatakan pada jok belakang mobil

4. Letakan car seat menghadap belakang dengan kemiringan 45 derajat hingga bayi berusia sekitar 1 tahun dengan berat badan 9 kilogram. Untuk bayi yang berusia di atas 1 tahun bisa di balik duduknya dengan menghadap ke depan agar terdapat ruang untuk kakinya.

5. Pastikan tali car seat terpasang dengan benar yaitu terletak pada bagian bawah atau sejajar dengan bahu dan pasang cukup ketat. Kaitkan tali dengan pengamannya hingga terdengar bunyi “klik” agar benar – benar terkunci.

Itulah yang harus diperhatikan saat menggunakan car seat agar keamanan bayi terjamin. Pastikan langkah – langkah di atas sudah Anda lakukan dengan benar dan teliti. Baca juga : Perlengkapan Travelling Bayi yang Harus Anda Miliki!

author
No Response

Leave a reply "Panduan Penting Menggunankan Car Seat untuk Keselamatan Bayi"