Panna Cotta, Dessert Lezat & Mewah, Ini Cara Membuatnya!

Pannacotta resep

Panna Cotta – Hai Bunda, kali ini kami akan memperbanyak ide kreatif untuk Anda dalam membuat resep makanan yang lezat bagi keluarga Anda. Dalam membuat hidangan penutup atau dessert, mungkin Anda suka membuat cake, puding, maupun es buah, nah kali ini kami akan memberikan tips dan resep bagi Anda untuk membuat salah satu resep dessert yaitu Panna Cotta. Panna Cotta adalah hidangan dengan rasa manis yang sangat terkenal di Italia. Menu dessert ini memiliki arti ‘panna’ yaitu krim dan ‘cotta’ yaitu memasak. Jadi Panna Cotta adalah krim yang dimasak.

Panna Cotta sebenarnya tidak disebutkan di dalam buku masakan di Italia sebelum tahun 1960 an, namun panna cotta sering disebutkan sebagai dessert tradisional dari negara Italia bagian utara. Ada sumber yang mengatakan mengenai sejarah panna cotta, bahwa menu ini pertama kali ditemukan atau diciptakan oleh seorang wanita Hungaria di Langhe pada awal tahun 1900 an.

Daerah dari Piedmont memasukkan panna cotta pada daftar produksi makanan tradisional daerahnya pada tahun 2001. Resepnya termasuk krim, susu, gula, vanilla, gelatin, rum, dan marsala yang ditaburkan pada cetakan dengan karamel. Dessert Panna Cotta ini akhirnya mulai menjadi populer di Amerika Serikat pada tahun 1900 an.

Rasa dari dessert ini sangat lezat dan mewah dan teksturnya yang begitu lembut akan sangat menggiurkan lidah. Panna Cotta akan sangat cocok Anda hidangkan di acara-acara keluarga maupun acara-acara lain sebagai dessert atau makanan penutup. Panna Cotta dapat diolah dengan berbagai variasi, nah berikut ini kami berikan salah satu resep panna cotta yaitu panna cotta strawberry. Sudah tidak sabar ingin tahu bahan dan cara membuatnya bukan? Yuk langsung simak di sini info nya!

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 100 ml susu
  • 7 gram gelatin bubuk
  • 600 mil krim kental
  • 100 gram gula
  • 1 sdt ekstrak vanilla

Bahan untuk topping

  • 1 kotak strawberry segar
  • 2 sdt gula halus

Cara membuat Panna Cotta

  1. Campurkan susu dengan gelatin, aduk hingga merata, diamkan selama 5 menit agar larut
  2. Rebus krim kental dengan gula pada panci tebal. Aduk dengan whisk hingga mulai berbuih panas.
  3. Masukkan campuran susu dan gelatin, aduk merata, kemudian didihkan dalam waktu singkat dan tambahkan ekstrak vanilla.
  4. Tuangkan adonan tersebut dalam gelas-gelas atau wadah secukupnya, kemudian dinginkan dalam kulkas selama kurang lebih 5 jam hingga panna cotta mengeras.
  5. Setelah beku, keluarkan panna cotta dan tambahkan isi dari potongan-potongan strawberry yang dicampur dengan gula halus.
  6. Panna Cotta siap dinikmati.

Itulah tadi informasi dari kami mengenai salah satu resep dessert yang sangat lezat yaitu Panna Cotta beserta bahan dan cara membuatnya. Anda bisa membuat variasi panna cotta dengan bebas sesuai selera Anda, Anda bisa bereksperimen untuk membuat Panna Cotta ala diri Anda sendiri. Selamat mencoba ya Bunda resep dari kami, semoga berhasil menghidangkan menu lezat ini untuk dinikmati keluarga dan banyak orang di acara-acara spesial Anda.

Baca Juga! : Ini Lho Resep Puding Biskuit Lezat Ala Chef Farah Quinn!

Resep Puding Tahu Lezat & Segar

author
No Response

Leave a reply "Panna Cotta, Dessert Lezat & Mewah, Ini Cara Membuatnya!"