Pentingnya Prenatal Yoga untuk Ibu Hamil

No comment 1750 views

Pentingnya Prenatal Yoga untuk Ibu Hamil

Prenatal yoga untuk ibu hamil – Ibu hamil sangat dianjurkan untuk merawat dirinya salah satunya dengan menjaga kebugaran tubuh seperti melakukan olahraga. Olahraga tidak hanya menjaga kesehatan ibu hamil namun juga dapat merilekskan tubuh dan fikiran karena ibu hamil dilarang untuk stress oleh karena itu melakukan olahraga yang tepat untuk ibu hamil adalah yoga.

Untuk wanita yang sedang hamil sangat baik untuk melakukan Prenatal yoga yaitu merupakan yoga yang dikhususkan untuk ibu hamil. Tentu saja gerakan dalam Prenatal yoga jauh lebih sederhana dan lebih mudah dipraktekan sehingga ibu hamil tidak akan mengalami kesulitan dalam melakukannya.

Prenatal yoga merupakan alternatif olahraga ringan untuk wanita hamil, jadi untuk Anda yang sedang mengandung lebih baik untuk mengikuti kelas Prenatal yoga untuk ibu hamil. Sebelum melakukan parental yoga ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan berikut ini :

Yang harus diperhatikan ibu hamil saat melakukan prenatal yoga

Berlatih prenatal yoga tidak bertujuan menguras keringat. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan prenatal yoga :

  • Atur nafas secara perlahan.
  • Lakukan setiap gerakan dengan perlahan dan lembut. Gunakan alat-alat bantu, seperti bantal, guling, selimut dan balok dan tali untuk yoga.
  • Perhatikan dan dengarkan sinyal tubuh Anda. Jangan terlalu memaksa jika memang sudah lelah.
  • Bangun komunikasi dan rasakan koneksi yang antara bunda dan bayi Anda.
  • Lakukan relaksasi dan meditasi.

Yang tidak boleh dilakukan ibu hamil selama prenatal yoga

Yang harus diutamakan ketika berolahraga saat hamil adalah kondisi kesahatan kehamilan Anda. Karena itu, sebaiknya selalu instruksi yang diberikan oleh instruktur selama kelas berlangsung. Berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan selama kamu melakukan prenatal yoga.

  • Jangan lakukan pose-pose yang membuat Anda tidak nyaman.
  • Jangan melakukan gerakan yang menekan perut.
  • Jangan melakukan pose terbalik (headstand), kepala di bawah.
  • Jangan menahan nafas karena akan menghentikan asupan oksigen ke janin Anda.

Setelah memperhatikan hal – hal penting di atas, untuk lebih meyakinkan Anda agar mengikuti Prenatal yoga simak beberapa manfaatnya berikut ini.

Manfaat Prenatal yoga untuk ibu hamil

1. Membantu persiapan persalinan
Prenatal yoga juga disebut-sebut dapat membantu proses persalinan seseorang. Menurut penelitian, wanita yang dengan rutin melakukan yoga sejak usia kehamilan menginjak 18 minggu sampai waktu melahirkan, akan menurunkan resiko bayi lahir premature dan juga mengurangi resiko hipertensi pada kehamilan.

2. Mengurangi nyeri

nyeri hamil
Jika melakukan prenatal yoga dengan rutin ialah mampu mengurangi rasa nyeri yang meyerang panggul dan juga tulang belakang. Yoga dapat membantu merelaksasi serta menguatkan otot-otot pada bagian tersebut sehingga nantinya dapat mengurangi rasa nyeri dan juga ketegangan.

3. Mengurangi rasa cemas dan stress
Manfaat lain yang pastinya akan diperoleh untuk ibu yang rajin melakukan prenatal yoga adalah dapat mengurangi tingkat kecemasan dan juga stress. Saat hamil, kebanyakan ibu hamil seringkali merasa stress terhadap perubahan-perubahan yang ia alami, dan yoga dapat cukup membantu untuk menyelaraskan pikiran dan juga menekan rasa stress.

4. Membantu meningkatkan kualitas tidur

tidur ibu hamil
Salah satu manfaat prenatal yoga yang lain yaitu mampu meningkatkan kualitas tidur ibu. Seperti yang kita tahu, semakin bertambah usia kehamilan, maka semakin sulit juga untuk menemukan posisi tidur yang nyaman, sehingga hal tesebut membuat tidur ibu tidak tenang. Menurut penelitian, melakukan prenatal yoga dengan teratur dapat membantu memperbaiki kualitas pola tidur ibu.

  1. Lebih mengkoneksikan Anda dengan Bayi Anda

Mengikuti kelas Prenatal yoga untuk ibu hamil sangat bermanfaat, namun sebelumnya Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter Anda. Dengan mengikuti prenatal yoga, Anda akan memiliki ikatan lebih dengan bayi dalam kandungan.

Mengikuti kelas Prenatal yoga untuk ibu hamil sangat bermanfaat namun sebelumnya Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter Anda. Setelah mendapat izin dari dokter, Anda dapat mengikuti kelas Prenatal yoga dan jangan lupa untuk menggunakan pakaian yang nyaman dan tidak ketat serta perbanyak minum air putih. Baca juga : 6 Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil Yang Disarankan

author
No Response

Leave a reply "Pentingnya Prenatal Yoga untuk Ibu Hamil"