Penyebab Gigi Sensitif & Cara Mengobatinya Dengan Alami

Obat sakit gigi – Sakit gigi memang sangat menyiksa, mengganggu, dan menjengkelkan. Karena sakit gigi menghalangi kita untuk melakukan aktivitas yang menggunakan organ mulut tentu saja seperti makan dan berbicara. Sakit gigi banyak jenisnya yang paling umum kita kenal adalah sakit gigi berlubang dan gigi ngilu. Jika anak menderita sakit gigi berlubang atau gigi ngilu maka ia tidak akan bisa mengunyah makanan dengan baik sehingga ia tidak mendapatkan nutrisi yang maksimal.

Masalah gigi yang tidak kalah maraknya dengan gigi berlubang adalah gigi sensitif atau gigi ngilu. Gigi ngilu disebabkan karena terjadi penipisan pada lapisan luar gigi atau yang secara ilmiah disebut email gigi, sehingga ada yang lapisan yang disebut dengan dentin menjadi terbuka. Apa itu Dentin? Ini adalah tabung-tabung kecil yang langsung terkoneksi dengan ujung saraf yang dipenuhi dengan cairan, jika dentin terbuka dan kemudian terkena rangsangan dari makanan atau minuman yang suhunya dingin, panas, asam, dan manis maka cairan ini akan bergerak dan memicu ujung saraf bereaksi dan itulah yang menyebabkan rasa ngilu.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab gigi sensitif, berikut kami berikan penjelasannya:

  • Menyikat gigi terlalu keras

Mungkin selama ini kita berpikir bahwa untuk membersihkan gigi dengan maksimal bahwa kita harus menyikat gigi dengan sekuat-kuatnya. Hal ini malah bisa merusak lapisan gigi sehingga menjadi semakin tipis.

  • Gangguan gusi/Gingvitis

Jika gusi mengalami pergerakan struktur gusi, hal ini bisa menyebabkan ada area gigi yang harusnya terlindungi oleh gusi akhirnya menjadi terbuka. Inilah yang juga menjadi penyebab gigi ngilu.

  • Kebiasan menggertakkan gigi atau menggesek-gesek gigi

Kebiasaan ini akan menyebabkan lapisan email gigi terkikis, bagaimana tidak? Jika anda menggesek-gesekkan bambu atau kayu maka secara otomatis lapisan bambu tersebut akan semakin tipis. Itu juga yang akan terjadi pada gigi.

 

Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai obat sakit gigi untuk gigi sensitif, karena masalah ini bisa diatasi secara alami dengan menggunakan bahan-bahan alami pula, ayo simak di sini ulasannya!

  1. Minyak cengkeh

Obat sakit gigi untuk gigi ngilu yang pertama adalah dengan menggunakan minyak cengkeh. Dalam minyak cengekh terdapat antioksidan yang dapat membunuh kuman dan bakteri yang menyebabkan gigi merasa ngilu.

  1. Dikompres dengan es batu

Gigi sensitif dapat berdampak pada hal yang lebih buruk sehingga menyebabkan pipi menjadi bengkak, nah jika sudah terjadi demikian, Anda bisa menggunakan es batu untuk mengompres yang ditempelkan kepada bagian pipi. Ini akan berfungsi menjadi semacam obat bius bagi saraf gigi. Cukup balutkan es batu dengan handuk dan tempelkan pada pipi yang bengkak tersebut selama beberapa menit hingga rasa ngilunya hilang.

  1. Campuran bawang putih dan merah

Dalam bawang putih dan bawang merah terdapat minyak yang berperan sebagai enzim untuk membunuh kuman yang menjadi penyebab gigi ngilu. Jadi untuk menghilangkan sakit dan rasa ngilu yang ada pada gigi, Anda bisa mengunyah bawang merah dan bawang putih selama 3 menit hingga membunuh seluruh kuman yang ada pada gigi.

  1. Berkumur dengan air garam

Nah cara yang berikut ini bisa dilakukan untuk masalah sakit gigi tidak hanya gigi sensitif tapi sakit gigi jenis lain seperti gigi berlubang dan lain sebagainya. Caranya adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Campurkan satu sendok makan garam dengan segelas air hangat dan gunakan campuran itu untuk dikumur selama minimal 30 detik. Dan ulangi terus hingga larutannya habis.

5. Campuran garam dan merica

Garam yang dicampur dengan merica juga sangat bermanfaat untuk mengobati gigi sensitif. Sebab, kedua bahan alami ini memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi dan analgesik. Caranya juga sangat mudah, campurkan lada dan garam dengan jumlah takaran yang sama, lalu beri beberapa tetes air untuk membentuk pasta. Kemudian oleskan langsung pada gigi yang sensitif dan biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air. Lakukan cara ini setiap hari selama beberapa hari.

Selain itu, cara alami lainnya adalah dengan mengubah cara menyikat gigi Anda. Ganti sikat gigi dengan yang sikatnya paling lembut, dan sikatlah gigi dengan lebih pelan, supaya tak merusak enamel Anda. Mengubah cara sikat gigi saja, sudah jadi langkah perubahan besar untuk bisa melindungi gigi sensitif Anda, lho.

Demikianlah informasi dari kami mengenai obat sakit gigi untuk gigi sensitif atau gigi ngilu maupun sakit gigi karena gigi berlubang dan permasalahan gusi yang lainnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Baca juga yuk link di bawah ini untuk artikel bermanfaat lainnya!

Ini 5 Obat Sakit Gigi Yang Aman Dan Ampuh Untuk Ibu Hamil!

Khasiat Air Tebu, Tak Hanya Manis Di Lidah Tapi Juga Manis Di Dalam!

 

author
No Response

Leave a reply "Penyebab Gigi Sensitif & Cara Mengobatinya Dengan Alami"