Penyebab Kolik dan Cara Mengatasi Kolik Pada Bayi

Cara Mengatasi Kolik Pada Bayi

Menangis merupakan aktivitas pertama yang dilakukan oleh tiap manusia semenjak mereka lahir ke dunia. Dan menangis juga merupakan salah satu cara bayi berinteraksi dengan orangtuanya karena ia masih belum dapat merangkai kata-kata layaknya orang dewasa. Konon dengan tangisan yang berbeda-beda, orangtua dapat mengetahui secara insting apa yang dibutuhkan oleh bayi mereka, seperti apakah mereka membutuhkan tidur atau mereka sedang merasa kesakitan. Bagaimana dengan kolik, dan bagaimana cara mengatasi kolik pada bayi?

Untungnya, untuk cara mengatasi kolik pada bayi Anda tidak perlu melakukan tindakan perawatan yang ekstrim seperti membawa bayi Anda untuk opname di rumah sakit, asalkan kolik yang diderita oleh bayi Anda tergolong kolik yang normal. Kolik adalah sebuah kondisi dimana terdapat gelembung-gelembung udara yang terperangkap di dalam perut bayi dan menyebabkan perut bayi mengeras dan  bayi merasakan ketidaknyamanan. Hal tersebutlah yang memicu tangis bayi yang terus-menerus, bahkan bisa sampai berjam-jam.

Kolik pada umumnya akan menghilang dengan sendirinya, akan tetapi yang pasti Anda merasa tidak tega dengan buah hati Anda yang terus-terusan menangis kesakitan, bukan? Anda dapat paling tidak membantu mempercepat proses keluarnya gelembung udara sekaligus menenangkan si bayi dengan metode-metode antara lain, memijat perut bayi dengan lembut. Selama proses pemijatan, Anda dapat menggunakan minyak kayu putih yang berfungsi untuk menghangatkan perut bayi. Anda juga dapat menggendong bayi Anda dengan gendongan kain atau selimut hangat. Selain itu, jika memungkinkan Anda juga bisa memandikan bayi Anda dengan air hangat. Baca juga: Bunda, Simak Prinsip Memilih Makanan Bayi Yang Baik Berikut

Mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati. Hal yang sama berlaku untuk bayi yang terkena kolik. Untuk mencegah terperangkapnya gelembung udara di perut si kecil, Anda perlu mengetahui cara menyusui bayi yang benar, yaitu posisi bayi dalam keadaan duduk. Dengan demikian, kalaupun ada gelembung-gelembung udara yang terbentuk selama ia menyusui akan lebih mudah keluar dibandingkan jika Anda menyusui bayi dalam keadaan berbaring. Dan setelah menyusui bayi, jangan lupa untuk mengusap punggungnya dengan lembut. Hal tersebut ditujukan agar ia bersendawa sehingga menghindarkan ia terkena kolik.

Dan jika bayi Anda mengkonsumsi susu formula, bisa jadi penyebab kolik yang ia derita merupakan reaksi akibat intoleransi laktosa. Jika Anda menduga bahwa penyebab dari kolik tersebut adalah susu formula yang ia minum, maka lebih baik menggantinya dengan produk susu dengan label hipoalergenik.  Nah, itulah tadi merupakan cara mengatasi kolik pada bayi

author
No Response

Leave a reply "Penyebab Kolik dan Cara Mengatasi Kolik Pada Bayi"