Perawatan Ini Perlu Untuk Si Kecil Yang Baru Lahir

bayi baru lahir

Ibu yang baru pertama kali memiliki anak, tentu bingung memberikan perawatan bayi baru lahir. Meminta saran dari orang tua, tetangga, juga saudara selalu dilakukan agar bisa memberikan perawatan yang baik untuk buah hati tercinta.

Bukanlah perkara mudah memberikan perawatan bayi baru lahir karena tubuhnya yang masih belum kuat membuat Ibu harus ekstra hati-hati. Untuk itu, Ibu perlu memahami hal-hal berikut ini agar bisa memberikan perawatan bayi baru lahir secara optimal:

  • Pola makan

Bayi baru lahir sering menangis biasanya karena ia merasa lapar. Mengapa bayi sering merasa lapar? Rasa lapar merupakan sensasi baru yang dirasakan janin karena perbedaan kondisi dengan di dalam rahim ibu.

Saat masih di dalam kandungan, ia tidak pernah merasa lapar karena asupan makanannya terus-menerus tersedia dari plasenta. Memberikan ASI setiap beberapa menit sekali merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindarkan buah hati tersayang menangis karena rasa lapar.

Jadwal makan bayi baru bisa diterapkan pada minggu kelima usai kelahiran, saat si Kecil sudah bisa membiasakan dirinya dengan kondisi lingkungan sekitar. Jadi jangan mengeluh ya Bu, kalau setiap saat harus menyusui si Kecil!

  • Kebiasaan buang air

Waktu buang air bayi yang baru lahir memang belum memiliki jadwal yang pasti. Tetapi, intensitas rutin buang air ini merupakan pertanda baik bahwa si Kecil sehat. Jangan tunggu si Kecil menangis karena popoknya basah, rajinlah mengecek setiap saat untuk mengetahui apakah ia pipis atau tidak.

Keadaan air seni dan bentuk fesesnya perlu Ibu perhatikan untuk mengetahui kondisi kesehatan buah hati. Air seni yang terlalu kuning menunjukkan bahwa si Kecil kurang cairan. Sedangkan feses yang mendapat cukup ASI akan lebih lunak dan tidak terlalu berbau.

Bersihkan alat kelamin buah hati dan segera ganti dengan popok bersih yang kering untuk menghindari ruam dan gatal-gatal. Berikan perawatan bayi yang baik agar si kecil selalu nyaman dan senang.

  • Jadwal tidur

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, bayi baru lahir memerlukan waktu selama 16 jam sehari. Setelah  usianya 5 minggu, barulah si Kecil memiliki jadwal tidur yang lebih teratur. Ciptakan suasana yang nyaman dan kondusif di kamar tidurnya sehingga membantu buah hati untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Bersihkan badannya terlebih dahulu dan gantilah pakaiannya, untuk membantunya tidur pulas. Putarkan alunan musik klasik agar si Kecil semakin nyenyak.

Nah, itulah 3 hal yang perlu diperhatikan sehubungan dengan perawatan bayi baru lahir. Konsultasikan dengan dokter agar Ibu bisa memberikan perawatan bayi yang baik.

author
No Response

Leave a reply "Perawatan Ini Perlu Untuk Si Kecil Yang Baru Lahir"