Perhatikan 4 Hal Berikut Agar Ibu Hamil Tidur Nyenyak

Perhatikan 4 Hal Berikut Agar Ibu Hamil Tidur Nyenyak

Ibu hamil tidur nyenyak – Saat usia kandungan sudah mulai membesar, ibu hamil sering mengalami banyak masalah kehamilan. Dengan keadaan kandungan yang kian membesar ibu hamil sering mengalami masalah tidur, seperti tidur tidak nyenyak.

Tidak nyenyak saat tidur akan mengakibatkan ibu hamil kurang tidur. Padahal tidur sangat penting untuk ibu hamil. Jika ibu hamil kurang tidur akan membahayakan bayi yang ada di dalam kandungan. Jika Anda mengalami hal tersebut jangan khawatir. Berikut adalah tips agar ibu hamil tidur nyenyak. Baca juga : 3 Posisi Tidur Terbaik untuk Ibu Hamil

Cara tepat agar ibu hamil tidur nyenyak

1. Menentukan posisi tidur
Agar ibu hamil tidur nyenyak hal pertama yang harus dilakukan yaitu menentukan posisi tidur. Saat akan tidur, masalah terbesar pada ibu hamil adalah menemukan posisi tidur yang nyaman. Saat usia kandungan sudah menginjak bulan keempat tentu Anda tak mungkin tidur dalam posisi tengkurap ataupun tidur terlentang.

Tidur terlentang dapat mempersempit pembuluh darah utama dan menekan usus sehingga dapat menyebabkan sembelit atau wasir. Untuk itu, ibu hamil harus tidur menyamping. Agar lebih nyaman Anda bisa menggunakanlah bantal di antara kaki atau di bawah perut.

2. Basuh tubuh sebelum tidur
Jika Anda mengalami susah tidur maka sebelum tidur bisa membasuh tubuh dengan air hangat. Hal ini akan membuat Anda bisa merasa nyaman saat tidur jika tubuh dalam keadaan segar dan wangi. Ini akan membuat anda siap untuk tidur nyenyak.

3. Tidak makan banyak saat akan tidur
Ketika Anda akan tidur jangan makan terlalu banyak. Jika merasa lapar Anda tetap bisa makan dengan porsi yang kecil namun bukan makan dalam porsi besar. Anda juga bisa minum minuman yang hangat sebelum tidur seperti minum susu atau teh hangat. Ini akan membuat ibu hamil tidak merasakan rasa sakit pada ulu hati dan perut.

4. Relaksasikan pikiran
Bila Anda sulit tidur nyenyak karena selalu memikirkan kondisi bayi dan segala perubahan yang segera terjadi pada hidup Anda, cobalah berlatih melakukan beberapa teknik relaksasi tubuh sebelum tidur seperti melakukan sedikit gerakan yoga atau bisa juga dengan mendengarkan musik yang akan mengantarkan Anda tidur nyenyak

Beberapa cara diatas dapat membuat Ibu hamil tidur nyenyak. Jika masih belum berhasil tidur nyenyak Anda bisa melakukan aktifitas ringan agar tubuh merasa letih sehingga dapat membantu Anda tidur nyenyak.

author
No Response

Leave a reply "Perhatikan 4 Hal Berikut Agar Ibu Hamil Tidur Nyenyak"