Perhatikan 4 Hal ini untuk Membuat Bubur Bayi Sendiri

Perhatikan 4 Hal ini untuk Membuat Bubur Bayi Sendiri

Membuat bubur bayi – Sudah usia berapa bayi Anda bun? Saat usia bayi menginjak 6 bulan keatas itu saatnya bunda mulai memperkenalkan makanan pendamping ASI. Hal ini karena bayi yang telah berusia 6 bulan keatas membutuhkan asupan gizi yang lengkap selain ASI.

Saat bayi sudah mulai dikenalkan dengan makanan, yang cocok diberikan kepada bayi yaitu bubur. Bubur untuk bayi lebih baik jika bunda membuatnya sendiri. Selain lebih hemat, membuat bubur bayi sendiri juga terjamin kualitasnya karena bunda bisa memilih bahan – bahan yang terbaik untuk bayi.

Bubur bayi bisa dibuat dari berbagai macam sayur – sayuran atau bisa juga dengan buah – buahan. Untuk membuat bubur bayi, ada beberapa hal yang harus bunda perhatikan, berikut ulasannya untuk Anda. Baca juga : Intip Makanan Bayi Pendamping ASI, Yuk!

Tips membuat bubur bayi sendiri

1. Sesuaikan usia bayi
Saat membuat bubur bayi Anda juga perlu memperhatikan teksturnya. Bunda harus memnyesuaikan tekstur bubur bayi berdasarkan usia anak. Jika usia bayi bunda saat ini baru 6 bulan, berikan ia bubur bayi yang lembek agar mudah ditelan dan dicerna. Untuk bayi yang mulai tumbuh giginya, bunda bisa memberikan bubur bayi yang agak kental, hal ini juga dimaksudkan untuk merangsang pertumbuhan giginya.

2. Asupan Gizi
Untuk membuat bubur bayi sendiri penting bagi bunda saat ini untuk memulai belajar mengenal kandungan gizi dari suatu makanan. Hal ini dapat membantu Anda saat menyiapkan menu makanan sehat bagi si kecil. Bunda dapat memilih buah – buahan atau sayur – sayuran apa saja yang akan dimasukkan dalam menu hariannya. Ketika mengetahui kandungan gizi pada setiap makanan, Anda jadi tidak khawatir bayi Anda mengalami malnutrisi.

3. Mempersiapkan bahan bubur bayi
Jika Anda membuat bubur bayi dari bahan buah dan sayuran, pastikan buah-buahan dan sayuran yang akan digunakan untuk membuat makanan bayi dicuci sampai bersih. Jangan lupa untuk mengupas kulit dan menghilangkan biji – biji dari buah tersebut.

Namun jika Anda memutuskan membuat bubur bayi dari bahan daging pastikan Anda untuk membersihkan daging dan selalu cuci tangan setelah memegang daging. Daging unggas, daging ikan maupun daging merah harus dimasak sampai matang, jangan sampai daging tersebut hanya setengah matang.

4. Pengelolahan
Untuk mengelolah bahan makanan saat membuat bubur bayi bisa Anda lakukan dengan cara dikukus, direbus, ataupun dimasak dengan menggunakan microwave.

Untuk bayi berusia dibawah 8 bulan, bunda bisa membuat bahan-bahan tersebut menjadi puree. Proses pembuatannyanya bisa menggunakan food processor atau bisa juga menggunakan blender biasa. Untuk bayi yang berusia lebih dari 8 bulan, daging cukup dicincang halus dan bahan makan lain bisa Anda lumatkan.

Jika bunda memperhatikan hal – hal tersebut saat membuat bubur bayi sendiri pasti kesehatan dan kandungan gizinya terjaga. Selamat mencoba!

author
No Response

Leave a reply "Perhatikan 4 Hal ini untuk Membuat Bubur Bayi Sendiri"