Perhatikan! 5 Tips Mencegah Keguguran saat Hamil Muda

Perhatikan! 5 Tips Mencegah Keguguran saat Hamil Muda

Tips mencegah keguguran saat hamil muda – Kita sering mendengar bahwa keguguran sering terjadi pada ibu hamil muda atau saat trimester pertama. Tentu saja setiap ibu hamil tidak menginginkan mengalami hal yang bernama keguguran ini, apalagi jika Anda telah menunggu lama hadirnya sang buah hati dalam keluarga. Untuk itu perlunya perawatan yang sangat ekstra agar bayi dalam kadungan sehat dan ibu hamil tidak mengalami keguguran.

Banyak faktor yang menjadi penyebab keguguran hamil muda diantaranya yaitu kelaian kromosom, penyakit kronis, stres, masalah genetik, gaya hidup yang tidak sehat, serta masih banyak lagi. Keguguran merupakan hal yang sangat menyakitkan untuk mereka yang mengalaminya karena tidak hanya menimbulkan gangguan kesehatan namun juga membuat depresi. Tapi Anda tidak perlu khawatir selama mengetahui informasi yang tepat, berikut tips mencegah keguguran saat hamil muda yang wajib Anda perhatikan.

Cara mencegah keguguran saat hamil muda

1. Menjaga berat badan
Ibu hamil memang dianjurkan untuk makan lebih banyak daripada biasanya namun tidak berlebihan yang membuat berat badan Anda meningkat secara drastis. Ibu hamil yang mempunyai berat badan berlebihan akan sangat beresiko mengalami keguguran. Bahkan ketika bayi sudah dilahirkan, nantinya ia akan beresiko kematian usia dini karena penyakit jantung bawaan.

2. Banyak minum air
Air memiliki banyak khasiat untuk kesehatan ataupun untuk ibu hamil. Jangan sampai ibu hamil mengalami dehidrasi karena kekurangan air, selain itu air juga dapat membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh.

3. Tidak melakukan aktifitas berat
Aktifitas memang perlu dilakukan walaupun saat hamil, namun jangan melakukan aktifitas berat yang biasa Anda lakukan sebelum hamil. Olahraga juga sangat berperan penting untuk kesehatan ibu hamil tapi pastikan Anda menghindari olahraga berat agar tidak membahayakan kandungan, lakukanlah olahraga ringan seperti berjalan kaki, yoga, dan berenang.

4. Cukup istirahat
Stres dan tekanan yang terjadi saat hamil bisa menjadi penyebab keguguran. Oleh sebab itu, Anda perlu istirahat yang cukup agar membantu merilekskan badan dan pikiran.

5. Tidak mengkonsumsi obat – obatan
Saat hamil Anda sedang sakit dan tidak enak badan, jangan langsung mengkonsumsi obat – obatan yang dijual bebas yang biasanya Anda beli ketika sebelum hamil. Lebih baik untuk meminta resep kepada dokter, karena ibu hamil tidak boleh sembarangan minum obat.

Jangan khawatir jika sebelumnya Anda telah mengalami keguguran, dengan mempehatikan tips mencegah keguguran saat hamil muda di atas, keguguran bisa dicegah. Selain itu kenali tanda keguguran hamil muda dan lakukan pemeriksaan secara rutin pada dokter kandungan. Baca juga : Waspadai 5 Tanda Keguguran pada Ibu Hamil ini!

author
No Response

Leave a reply "Perhatikan! 5 Tips Mencegah Keguguran saat Hamil Muda"