Perihal Pembersih Pakaian Bayi

No comment 993 views

pembersih pakaian bayi

Ada berbagai hal yang perlu disiapkan begitu bayi Anda lahir ke dunia, salah satunya adalah pakaian bayi. Terkait hal tersebut, akan sangat sulit bagi Anda untuk memisahkannya dengan pembersih pakaian  bayi yang berguna untuk membersihkan sekaligus menjaga busana sang buah hati.

Ada berbagai macam jenis pembersih pakaian bayi yang dijual di rak-rak toko swalayan, mulai dari yang “reguler” hingga detergen khusus dengan berbagai tambahan. Banyaknya pilihan ini terkadang membuat orang tua bingung memilih pembersih pakaian yang paling baik bagi buah hati. Apapun pilihan Anda, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memiilih pembersih pakaian bayi.

a. Ketahui karakter sang buah hati

Sebelum memilih pembersih pakaian bayi yang cocok, ada baiknya Anda mengetahui kondisi si Kecil. Bila buah hati memiliki alergi terhadao sesuatu, sebaiknya Anda mengonsultasikannya dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli detergen.

b. Hati-hati memilih bahan

Pastikan bahan yang dipilih aman dan tidak membahayakan buah hati. Jika bisa, pilihlah pembersih pakaian bayi yang Eco- friendly sehingga tidak hanya aman bagi kesehatan bayi namun juga ramah lingkungan.

c. Tes terlebih dahulu

Anda harus melakukan tes untuk memastikan bahwa pembersih pakaian bayi tersebut tidak mengganggu si Kecil, dengan cara:

  • Ambilah salah satu pakaian buah hati, seperti kaos, celana, dan lain sebagainya.
  • Cucilah pakaian tersebut dengan menggunakan pembersih pakaian bayi yang baru saja dibeli.
  • Jemurlah pakaian tersebut hingga kering.
  • Setelah itu, pakaikan busana yang telah kering pada sang buah hati dan tunggu hingga beberapa hari setelah bayi memakainya untuk mengetahui apakah kulitnya bereaksi terhadap kandungan detergen tersebut.
  • Bila pembersih pakaian tersebut tidak menimbulkan reaksi, Anda bisa terus menggunakan detergen pilihan.

Pada dasarnya, penggunaan pembersih pakaian bayi sudah cukup agar busana si Kecil tetap bersih, wangi, dan lembut. Namun, Anda bisa menambahkan berbagai bahan alami agar detergen yang digunakan semakin ampuh mengusir kotoran membandel pada garmen sang buah hati. Terkait hal itu, berikut adalah beberapa bahan natural yang bisa dijadikan “pendamping” pembersih pakaian bayi.

a. Cuka

Anda tentu tidak asing dengan bumbu dapur satu ini, bukan? Selain menyedapkan masakan, cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan pakaian bayi sekaligus menjaga kadar kecerahan warnanya. Anda hanya perlu merendam pakaian si Kecil dalam campuran cuka dan air, kemudian cuci menggunakan detergen seperti biasanya.

b. Lemon

Lemon bisa digunakan untuk menghilangkan noda sekaligus menjaga kecerahan warna pakaian, lho. Anda hanya perlu menambahkan satu cangkir perasan lemon ke dalam rendaman pakaian yang sudah diberikan detergen, setelah itu kucek dan bilas hinga bersih.

c. Baking soda

Bagi ibu yang suka membuat kue, Anda pasti tidak asing dengan pengembang adonan satu ini. Ternyata, bahan dapur ini bisa digunakan sebagai pembersih pakaian bayi  untuk menghilangkan aroma tidak sedap. Anda dapat mencampurkan baking soda dan air dalam sebuah ember. Lalu, rendam pakaian bayi selama 30 menit, maka bau tidak sedap dari pakaian akan hilang seketika.

Tidak hanya membuat busana bersih, pembersih pakaian bayi yang tepat dapat menjaga kesehatan sang buah hati, lho. Dengan pakaian yang harum dan segar, Anda senang dan bayi riang, kan?

 

author
No Response

Leave a reply "Perihal Pembersih Pakaian Bayi"