Perkedel Salmon, Makanan Nikmat Balita Sehat

makanan balita

Si Kecil sarapan apa hari ini? Memberikan makanan balita yang sehat dan bergizi merupakan jalan untuk mengupayakan tumbuh kembang balita secara optimal. Sarapan sehat balita ini dapat ditemukan pada jenis-jenis sayuran, buah, dan daging. Beberapa orang tua tentunya pernah mengalami kesulitan untuk membujuk anaknya mengonsumsi makanan balita yang menurutnya sehat tersebut.

Apakah Anda termasuk salah satu orang tua yang sering kuwalahan membujuk si Kecil makan? Nah, resep perkedel salmon ini bisa menjadi salah satu solusi untuk membuat si Kecil girang menyantap makanannya. Berbeda dengan perkedel kentang, perkedel satu ini tentunya lebih lezat dan bergizi. Gimana cara membuat makanan balita bergizi ini? Nih, catat resepnya ya:

  1. Bahan:

1 cangkir kentang rebus yang sudah dihaluskan

415 gram ikan salmon yang sudah dikeringkan dan hilang tulangnya (bisa juga yang berbentuk kalengan)

2 sendok makan ketimun acar, cincang halus

2 lembar daun bawang, iris tipis

1 butir telur, kocok sebentar

½ remah roti kering

2 sendok makan minyak zaitun

  1. Langkah pembuatan

Untuk membuat resep perkedel salmon ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencampur kentang yang sudah dihaluskan, salmon kering, ketimun acar, daun bawang, telur kocok, dan remahan roti dalam sebuah mangkuk besar. Aduklah semua bahan tersebut hingga merata dan bentuk menjadi 8 bentuk perkedel.

Jika semua bahan sudah dibentuk, kini saatnya Anda dapat menyiapkan wajan dan meletakkannya di atas kompor. Nyalakan kompor dengan api sedang dan tuangkan 2 sendok minyak zaitun ke atas wajan yang sudah panas. Setelah itu, masukkan adonan perkedel yang sudah dibentuk tadi. Selama 4 menit sekali, cobalah tengok kematangan setiap sisi dengan membaliknya agar semua sisi matang sempurna.

Jika  perkedel salmon tersebut sudah berwana keemasan, segera angkat karena itu pertanda bahwa ia sudah matang. Letakkan perkedel salmon yang sudah matang tersebut di atas piring saji dan perkedel pun siang disajikan untuk si Kecil. Dalam seporsi makanan balita perkedel salmon ini si Kecil akan mendapatkan sejumlah nutrisi untuk membantu aktivitasnya selama seharian.

Nutrisi yang terdapat dapat makanan balita perkedel salmon ini adalah energi (517 Kj), lemak (4.00 gram), karbohidrat (10.00 gram), protein (11.00 gram) dan sodium (236.93 mg). Protein yang salah satunya didapat dari ikan salmon ini bermanfaat untuk membentuk otot yang dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh lho. Selain itu, makanan sehat balita ini dapat disimpan untuk menu makan esok hari karena dapat bertahan selama 2 hari. Tertarik mencobanya?

author
No Response

Leave a reply "Perkedel Salmon, Makanan Nikmat Balita Sehat"