Perkembangan Balita – Pentingnya Peran Orang Tua Untuk Perkembangan Balita

Perkembangan Balita

Perkembangan balita – Pentingnya melatih balita demi mendapatkan perkembangan balita. Sebagai orang tua tentu wajib menjaga perkembangan balita agar tumbuh sehat dan aktif, anak yang aktif adalah impian dari setiap orang tua. Mungkin banyak orang tua yang masih mengalami kebingungan tentang perkembangan balita. Peran orang tua sangatlah penting di masa perkembangan balita, maka dari itu orang tua harus benar-benar mengerti pola tumbuh kembang dari sang balita.

Oleh karena orang tua dapat melatih perkembangan otak balita 2 – 5 tahun lewat mainan anak, orang tua harus selektif dalam memberikan mainan dan mengajak buah hatinya bermain. Perkembangan otak yang terjadi pada setiap tingkat usia akan berpengaruh terhadap pemilihan permainan. Berikut ini beberapa jenis permainan yang bagus untuk mengasah dan menunjang perkembangan otak balita:

  1. Melatih keseimbangan kerja otak kiri dan kanan dengan bermain. Sering ditemui ketimpangan kemampuan antara otak kiri dan kanan; padahal keduanya memiliki fungsi sama pentingnya. Untuk melatih perkembangan otak balita 2 – 5 tahun, orang tua dapat memberikan beberapa permainan yang merangsang kedua belahan otak bekerja bersamaan seperti misalnya lempar tangkap, berenang, berlari dan beberapa aktifitas yang melibatkan sistem motorik.
  2.  Mencocokkan bentuk. Perkembangan otak balita 2 – 5 tahun bisa lewat mainan anak seperti mencocokkan bentuk. Meski terlihat sederhana, permainan ini akan menuntut anak menganalisa bentuk mana yang sama dan kemudian dicocokkan. Dengan memberikan latihan atau stimuli seperti ini setiap hari, maka otak balita dapat berkembang lebih baik.
  3. Menyusun balok. Manfaat dari permainan menyusun balok sama dengan mencocokkan bentuk. Dengan permainan ini, perkembangan otak balita 2 – 5 tahun bisa lewat mainan anak yang mengharuskan mereka menganalisa cara bermain suatu alat permainan.

Poin di atas ini adalah informasi yang sangat penting untuk perkembangan balita, dan perlu di ingatkan lagi bahwa peran orang tua untuk menemani balita ketika belajar atau bermain. Mainan balita juga harus diperhatikan. Berikanlah mainan yang bermanfaat dan berperan penting untuk perkembangan sang buah hati.

No Response

Leave a reply "Perkembangan Balita – Pentingnya Peran Orang Tua Untuk Perkembangan Balita"