Perlengkapan Bayi – Apa Saja Yang Dipersiapkan Sebelum Bayi Lahir?

Perlengkapan Bayi

Perlengkapan Bayi –  Tidak semua orang tahu mengenai Perlengkapan yang nantinya akan digunakan oleh sang bayi. Hal ini sangat miris kedengarannya karena sudah sepantasnya yang namanya orang tau harus tahu mana keperluan bayi yang paling utama. Ada memang beberapa perlengkapan yang wajib hukumnya untuk dimiliki dan dipersiapkan sebelum bayi lahir seperti pakaian, perlengkapan mandi bayi, dan juga perlengkapan untuk berpergian. Dan berikut adalah 10 perlengkapan bayi yang harus dipersiapkan sebelum si jabang bayi lahir kedunia ini:

  1. Popok dan pampersJelas ini adalah kebutuhan pokok. Bayi kan harus minum ASI tiap dua jam. Berarti dalam satu hari bayi tu bisa minum sampai 12 kali sehari. Tentunya habis minum pasti diekskresikan lewat pipis dan beol. Yaa kira-kira 8-10 kali lah ganti popok tuuh dalam sehari. Bisa dibayangin kan mau beli berapa popok. Saran saya sih pilih popok yang agak gede aja biar kepake agak lama. Soalnya bayi kan pertumbuhannya cepet banget. Pampers dipake kalo lagi pergi aja. Kalo buat sehari-hari sih sayang uang n kulit baby-nya.
  2. Perlengkapan Baju Bayi. Yang dibutuhin adalah baju tanpa lengan dan berlengan pendek. Yang tanpa lengan dipake kalo siang-siang panas. Paling sehari ganti baju 3-4 kali.
  3. Kain bedong. Bayi sering banget diubet-ubet pake kain alias dibedong. Meskipun dalam sehari ga dibedong terus-terusan, tetep aja jaga-jaga 2-3 kain dalam sehari. Siapa tau ngompol trus tembus ke kain bedongnya. Saran saya ya, kalo ga kena beol, alias basah karena pipis atau keringet, dijemur lagi aja. Ga usah langsung dicuci. Hemat tenaga n deterjen. Hehe.
  4. Pelindung dingin. Kopyah fungsinya nglindungin kepala bayi dari dinginya udara. Apalagi kalo sibaby habis digundulin. Hehe. Dua aja cukup kali yaa. Kaos kaki n kaos tangan penting juga nih buat bayi. Bayi masih belum bisa mengatur suhu tubuhnya dengan baik. Gampang jadi biru tu tangan dan kakinya kalo lagi kedinginan. Cara mencegahnya adalah dengan pake kaos tangan dan kaos kaki. Siapin 2-3 pasang aja.
  5. Perlengkapan tidur atau Bantal dan Guling butuh dua pasang aja cukup.
  6. Perlak. Perlak penting juga nih biar kasur kita ga keompolan si baby. Dua aja cukup. Satu buat alas bobok, satu lagi buat alas mandi dll. Yang alas bobok pilih aja perlak yang empuk. Kalo alas mandi pake perlak yang tipis n permukaannya rata biar gampang dicuci.
  7. Selendang. Yang ini sih buat alas bobok juga. Tapi letaknya di atas perlak. Fungsinya ya biar ompolan baby ga langsung kena perlaknya.
  8. Perlengkapan Alat toilet. Kalo baby pipis atau beol, kita lap aja pake tisu basah trus dibuang deh ke tempat sampah (tisunya yang dibuang). Trus popok yang kotor dimasukin ke ember kotoran dan siap dicuci.
  9. Perlengkapan mandi. Terdiri atas ember mandi, sabun head to toe, handuk, sisir n sikat rambut, minyak telon, minyak rambut. Masing-masing satu aja.
  10. Gendongan. Penting juga nih. Kalo baby lagi rewel ya tinggal gendong aja sambil dinyanyiin lagu-lagu anak-anak. Gendongan kan mengurangi tenaga kita buat gendong jadi kerasa ringan deh.

Perlengkapan bayi di atas harus disediakan sebelum bayi lahir karena dengan begitu sebagai orang tua tidak akan direpotkan ketika si anak sudah berada di luar. Semoga bermanfaat ^_^

No Response

Leave a reply "Perlengkapan Bayi – Apa Saja Yang Dipersiapkan Sebelum Bayi Lahir?"