Ini Dia Pola Tidur Bayi Sehat 0-1 Bulan

No comment 10821 views

bayi tidur nyenyak

Hai Ibu, bagaimana kualitas tidur bayi sehat hari ini? Biasanya, ibu akan tetap menjaga si Kecil yang sedang tidur, demi kualitas tidurnya. Tapi, ibu perlu tahu tentang pola tidur bayi sehat yang berusia 0-1 bulan. Yuk, simak informasi berikut ini:

Pada umumnya, pola tidur bayi berbeda-beda. Salah satu hal yang mempengaruhi pola tidur bayi sehat adalah usia bayi. Bayi yang baru lahir akan memiliki kebiasaan tidur yang lebih sering. Pada usia rata-rata bayi sehat yang baru lahir memiliki pola tidur yang berkisar antara 10-18 jam sehari.

Dalam usia 0-1 bulan ini, ibu bisa saja mengalami kesulitan dalam menentukan waktu tidur. Pasalnya, waktu tidur si Kecil masih tidak menentu dan sering bergeser. Meskipun pola tidur bayi sehat yang baru lahir cukup menyusahkan, tetapi hal tersebut normal terjadi.

Bayi sehat yang baru lahir, mungkin akan terbangun setiap jamnya. Ibu perlu mengajarinya perbedaan waktu siang dan malam. Ibu bisa mengajaknya bersenang-senang saat dia terbangun di siang hari, dan merendahkan suara saat terbangun di malam hari. Dengan kebiasaan ini, bayi sehat ibu akan perlahan paham mengenai perbedaan waktu.

Berikut beberapa tips untuk ibu untuk memastikan tidur bayi sehat usia 0-1 bulan:

  1. Pastikan kondisi popok bayi sehat ibu dalam kondisi kering, sehingga si Kecil akan tidur dengan nyaman.
  2. Melatih tidur si Kecil secara perlahan dan disesuaikan dengan usia bayi Ibu.
  3. Peka terhadap setiap gerakannya, terutama saat dia menunjukkan tanda-tanda mengantuk.
  4. Pada hari pertama setelah kelahiran, biasanya bayi sehat Ibu akan sering terbangun pada malam hari. Setelah si Kecil berusia berusia dua minggu, Ibu dapat mulai mengenalkan perbedaan waktu siang dan malam.
  5. Biarkan bayi Anda tidur dengan sendiri. Ketika Anda melihat bayi Anda terlihat sudah mengantuk, Anda bisa coba untuk menidurkannya dengan menaruhnya di atas kasur. Apa manfaatnya? Dengan cara ini bayi Anda bisa menciptakan kebiasaan tidurnya sendiri.
  6. Menyusui pada malam hari. Menyusui atau tidak menyusui, itu adalah pertanyaan yang sering dipertanyakan oleh para ibu baru pada malam hari. Semua pakar setuju bahwa jika bayi Anda belum berusia 3 bulan, sebaiknya Anda menyusuinya setiap kali ia bangun. Setelah ia berusia lebih dari 3 bulan, jangan biarkan si kecil melakukannya.
  7. Buat jadwal tidur untuk bayi Anda. Misalnya Anda bisa menyanyikan lagu nina bobo untuk bayi Anda agar ia bisa tahu bahwa ketika saat orang tuanya menyanyikan lagu nina bobo itu artinya ia harus tidur, alternatif lain adalah Anda bisa memberikan ciuman sebelum tidur untuk bayi anda, dengan ciuman itu ia bisa tahu bahwa itu adalah waktunya untuk beristirahat. Kebiasaan-kebiasaan yang tampaknya sepele ini memiliki dampak yang sangat besar untuk membantu mengatur jadwal tidur bayi Anda.
  8. Untuk mengenali perbedaan waktu, ibu dapat menempatkan bayi sehat di tempat tidur ketika mulai menunjukkan gejala mengantuk ataupun matanya masih terbuka.
  9. Biasanya, aktivitas yang sering dilakukan oleh bayi yang baru dilahirkan adalah tidur. Bahkan bayi sehat menghabiskan waktunya untuk tidur sepanjang hari. Ibu dapat memberikan ASI di saat ia terbangun. Pastikan tempat tidur bayi sehat jauh dari suara dan nyala lampu redup saat malam hari. Dengan begitu, si Kecil akan tidur dengan nyenyak.

Nah, itulah tips yang bisa membantu ibu mengenali pola tidur bayi sehat 0-1 bulan. Pastikan, si Kecil dapat memperoleh tidur yang berkualitas!

author
No Response

Leave a reply "Ini Dia Pola Tidur Bayi Sehat 0-1 Bulan"