Posisi-Posisi Tidur Ibu Hamil

No comment 1663 views

 

Posisi-Posisi Tidur Ibu Hamil

Ibu hamil – Seiring bertambah besarnya perut, ibu hamil terkadang bingung menentukan posisi tidur yang tepat. Sebagian besar ibu hamil merasa khawatir bila posisi tidur yang salah dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin dalam kandungannya. Untuk memudahkan ibu hamil dalam menentukan posisi tidurnya, berikut ini berbagai posisi tidur yang aman dan tidak aman bagi janin

Ketika kehamilan membesar, masalah yang sering dialami ibu hamil adalah sulit tidur. Sebenarnya, alasan utama di balik masalah tidur saat hamil adalah membesarnya ukuran janin Anda. Tidak heran kan kalau Ibu hamil jadi serba salah waktu tidur. Karena sedang hamil, tentu saja perlakuan pada tubuh harus berbeda. Saat  Ibu hamil, sangat penting memperhatikan jam tidur yang cukup. Pastikan Ibu hamil tidur setidaknya 8 jam sehari agar tubuh selalu fit dan tidak mudah jatuh sakit.

Beberapa posisi tidur Ibu hamil yang baik:

Ibu hamil tidur miring ke kiri

Hampir semua ahli medis setuju bahwa tidur miring ke kiri adalah posisi terbaik sepanjang kehamilan. Posisi ini dapat membantu memperlancar peredaran darah kepada bayi. Inilah yang menyebabkan si bayi di dalam perut dapat tidur lebih nyenyak karena mendapat asupan oksigen yang cukup. Jika pada saat itu perut terasa kencang dan tidak nyaman, maka baringkan tubuh sejenak dan kembali ke posisi miring ke kiri bergantian. Tidur miring ke kiri juga memaksimalkan kerja ginjal untuk menyaring dan membuang zat kimia yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, lebih cepat dari posisi tidur lainnya.

Ibu hamil tidur telungkup

Bagaimana bisa dengan perut buncit  Ibu hamil tidur telungkup? Tidur posisi ini hanya bisa dilakukan pada trisemester pertama saja. Pada saat ini, usia janin masih kecil dan dinding uterus masih terlindungi tulang pelvic, sehingga tidak akan melukai janin. Banyak ibu hamil yang merasa takut melukai janin dan tetap tidak nyaman dengan posisi tidur ini.

Ibu hamil tidur terlentang

Posisi ini dianggap posisi tidur paling aman untuk Ibu hamil, namun kerap kali posisi ini membuat tubuh terasa sakit dan kepayahan. Penyebabnya, Anda masih harus menyangga beban perut di saat tidur. Tidur sepanjang malam dalam posisi ini menyebabkan keesokan harinya pinggul akan terasa pegal-pegal dan perut terasa kencang. Untuk itu, pastikan Anda mengganti posisi tidur sehingga tubuh tidak terasa sakit dan bangun lebih fresh keesokan harinya.

Untuk tidur dengan posisi miring yang lebih nyaman letakan bantal diantara dengkul anda dan satu di punggung anda. Atau anda dapat membeli khusus bantal ibu hamil. Pada kehamilan lanjut, telentang akan membuat tubuh bayi menekan pembuluh darah besar pada bagian belakang tubuh Anda. Tekanan darah menurun, sehingga Anda suka pusing. Jadi, telentang seperlunya saja

author
No Response

Leave a reply "Posisi-Posisi Tidur Ibu Hamil"