Posisikan Tidur Bayi yang Aman dan Nyaman untuk Tidurnya

Posisi Tidur Bayi

Posisi tidur bayi- Apakah Anda sering bertanya-tanya tentang posisi tidur bayi yang tepat untuk si Kecil? Terlentang, miring, atau tengkurap ya sebaiknya? Pada dasarnya, setiap posisi tidur bayi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Umumnya, kemampuan bayi dalam membentuk dan mengubah posisi tidurnya akan berjalan sesuai dengan usianya. Bagaimanakah posisi tidur bayi yang baik sesuai perkembangan dan kemampuan tubuhnya? Yuk, simak informasinya berikut ini:

  1. Telentang

Umumnya, bayi sejak lahir hingga memasuki usia tiga bulan akan banyak menghabiskan waktunya untuk tidur dengan posisi telentang. Pada usia ini, telentang adalah satu-satunya posisi yang memungkinan bagi bayi, mengingat ia belum memiliki kemampuan motorik yang sempurna sehingga tak mudah bagianya untuk bergerak mengubah posisi tidur.

Lain pada itu, dengan tidur telentang bayi juga akan lebih aman dan terhindar dari risiko SIDS yang banyak mengancam nyawa bayi. SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) atau kependekan dari sindrom kematian bayi secara mendadak ini sering disebabkan salah satunya karena posisi tidur yang salah, sehingga menyebabkan bayi kesusahan bernafas.

  1. Miring

Posisi tidur miring bisa menjadi pilihan bagi ibu yang melahirkan bayi permatur atau bayi yang berada dalam perawatan rumah sakit yang mengharuskannya minum menggunakan selang. Miring ke kanan atau kiri dapat membantu melancarkan pernafasannya dan menghindari gumoh. Jika sudah cukup usia dan tubuhnya sudah demikian kuat, Anda dapat membuat bayi Anda tidur dengan posisi miring ini selain hanya membiarkannya tidur telentang.

  1. Tengkurap

Sesuai perkembangan motoriknya bayi akan mengalami perubahan posisi tidur yang lebih variatif yaitu tengkurap. Kelebihan posisi ini adalah dapat membuat bentuk kepada bayi lebih bagus dan membuatnya terlelap lebih lama. Hal ini dikarenakan pada posisi ini bayi akan lebih sedikit bergerak sehingga tidurnya tak akan banyak terganggu. Namun demikian, posisi tidur seperti kurang aman bagi bayi di bawah usia satu tahun. Pasalnya, posisi ini lebih rentan membahayakan bayi, sebab udara yang dihembuskannya dapat terhirup kembali. Hal inilah yang bisa menyebabkan potensi kematian mendadak pada bayi.

Itulah beberapa posisi tidur bayi sesuai perkembangan usia dan kemampuan tubuhnya. Paling penting untuk menjadi perhatian orang tua adalah selalu mengawasi posisi tidur buah hatinya dan memastikan kenyamanan untuknya. Perhatikanlah posisi tidur mana yang membuat si Kecil Anda tidur lebih lelah dan tentunya aman. Jangan ragu untuk selalu membenarkan posisi tidurnya ketika Anda melihat itu sebagai ketidaknyamanan untuknya.

 

 

 

 

author
No Response

Leave a reply "Posisikan Tidur Bayi yang Aman dan Nyaman untuk Tidurnya"