8 Cara Alami & Ampuh Menghitamkan Rambut Beruban di Usia Dini

cara menghilangkan uban – Rambut beruban atau rambut yang berwarna putih selalu diidentikkan dengan seseorang yang sudah lanjut usia, pada umumnya munculnya rambut beruban adalah pada saat seseorang melewati usia 30 tahun ke atas. Tetapi ternyata ada kejadian rambut putih yang tumbuh di usia muda bahkan pada usia anak. Sebenarnya bagaimana bisa terjadi munculnya rambut putih? Rambut uban muncul disebabkan oleh turunnya produksi melanocytes yang berfungsi dalam pembentukan melanin atau pigmen warna rambut. Jadi semakin tua usia seseorang , semakin sedikitlah melanocytes sehingga warna rambut menjadi putih.

Namun bagaimana jika hal itu terjadi pada anak-anak yang baru menginjak usia belum genap 10 tahun? Ternyata tidak sedikit juga yang mengalami kasus seperti ini. Apa yang menjadi penyebab rambut beruban tumbuh pada usia muda? Berikut ini adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab rambut beruban di usia muda:

Penyakit Tiroid

Penyebab yang pertama adalah penyakit tiroid, penyakit ini adalah di mana kondisi tiroid yang kurang untuk memproduksi melanin pada rambut dan memunculkan uban prematur. Jika anak Anda sudah muncul rambut putih, periksalah kadar tiroidnya.

Kekurangan vitamin B12

Vitamin B12 adalah nutrisi utama untuk rambut, jika rambut mengalami kerusakan atau kondisi yang tidak normal termasuk munculnya uban pada usia muda bisa juga disebabkan karena kurangnya kadar vitamin B12 pada rambut.

Faktor genetik

Rambut putih juga disebabkan karena faktor genetik atau keturunan, jadi jika orang tuanya memiliki kecenderungan memiliki uban yang sangat banyak, maka kondisi ini juga bia diturunkan kepada anaknya.

Kurangnya Vitamin C dan Vitamin E

Kedua vitamin ini berfungsi sebagai penghasil melanin, yang memberi warna pada rambut, sehingga jika tubuh kekurangan vitamin C dan D maka otomatis kadar melanin pada rambut akan berkurang dan menyebabkan munculnya rambut yang beruban atau rambut yang berwarna putih.

Asap Rokok

Penyebab lainnya muncul rambut beruban adalah radikal bebas yang dapat menurunkan kadar melanin dalam tubuh. Asap rokok juga adalah termasuk radikal bebas yang merusak tubuh dan mengurangi kadar melanin sehingga proses untuk menciptakan sel-sel baru dalam tubuh berkurang dan menyebabkan penuaan dini termasuk pada rambut.

Stress

Kondisi pikiran yang stress juga sangat berpengaruh pada kesehatan termasuk juga pada rambut. Jika kondisi stress maka segala proses pembentukan sel pada tubuh akan terganggu dan bisa menyebabkan muncul uban pada usia dini. Karena segala bentuk stress juga akan mengurangi kadar melanin.

Itulah faktor-faktor penyebab rambut beruban pada usia dini. Namun ada cara menghilangkan uban secara alami yang bisa Anda lakukan kepada anak Anda, sekaligus dapat mencegah rambut beruban tumbuh dalam usia dini. Ayo simak di sini caranya!

  1. Gunakan lah kemiri, caranya siapkan 2 genggam kemiri, kemudian hancurkan menjadi serpihan kecil, kemudan siapkan wajan dan panaskan dengan api besar, sangrai kemiri tersebut hingga hangus dan sampai mengeluarkan minyak. Setelah itu tampung minyaknya dan taruh di wadah secukupnya. Oleskan minyak kemiri tersebut pada rambut secara merata dan rutin. Setelah dioleskan diamkan selama minimal 2 jam, setelah itu bilas dengan shampoo. Inilah salah satu cara menghitamkan rambut yang alami dan aman
  2. Cara yang menghitamkan rambut secara alami yang berikutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa, caranya sediakan satu kelapa, kemudian blender dagingnya pada wajan sampai mengeluarkan minyak, setelah mengeluarkan minyak akan ada juga gumpalan-gumpalan yang mengapung di minyak tersebut, saring minyaknya dan taruh di wadah. Oleskan minyak kelapa tersebut secara rutin 2 hari sekali, oleskan dan diamkan selama minimal 2 jam. Setelah itu bilas dengan shampoo
  3. cara menghilangkan uban yang lain Anda juga bisa mengganti shampoo dengan lidah buaya, keramaslah menggunakan lidah buaya karena lidah buaya memiliki kandungan vitamin yang menyehatkan rambut.
  4. Cara menghitamkan rambut yang beruban lainnya dalah dengan menggunakan telur. Caranya mudah cukup sediakan 3 butir telur ayam kampung, segelas air hangat, dan 1/2 sdt garam. Campurkan semua bahan tersebut sampai merata kemudian oleskan pada rambut sebagai masker rambut, kemudian diamkan selama minimal 2 jam dan kemudian bilas.
  5. Masih ada lagi cara menghitamkan rambut yang beruban, kali ini dengan menggunakan yoghurt. Caranya sediakan yoghurt tanpa rasa, lada hitam, dan bubuk kopi. Kandungan yang ada pada yoghurt ternyata bisa menghilangkan rambut uban dan menghitamkan rambut. Campur semua bahan tersebut dan oleskan pada rambut secara merata kemudian tunggu 1 jam lalu bilas.
  6. Anda juga bisa memanfaatkan ampas dari teh, jadi caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mendiamkan ampas dari teh selama 1 hari, kemudian setelah didiamkan campurkan ampas teh itu dengan sedikit garam, lalu tinggal dioleskan ke rambut. Setelah itu diamkan selama 1 jam dan berikutnya bersihkan rambut Anda dengan menggunakan shampoo dan bilas dengan air.
  7. Putih telur juga sagnat bermanfaat untuk menghitamkan rambut yang beruban, caranya sediakan 3 butir telur, segelas air hangat, dan sedikit garam. Campurkan putih telurnya saja dengan air beserta dengan garam, lalu usapkan kepada rambut. Sambil menunggu selama 2 jam, pijat kulit kepala Anda agar bahan tersebut meresap dan lebih berkhasiat. Setelah 2 jam bilas rambut dengan air.
  8. Cara yang satu ini mungkin tidak banyak tahu, yaitu menggunakan daun buah rambutan. Jadi daun rambutan bisa digunakan untuk mengatasi rambut yang beruban. Caranya adalah dengan mengolah daun tersebut menjadi masker. Haluskan daun rambut dengan jumlah yang secukupnya dengan diblender, kemudian ambil sarinya lalu usapkan pada rambut dan jadikan masker rambut. Diamkan beberapa saat, lalu bilas seperti biasa.

Demikianlah tips dari kami katalogibu.com mengenai cara menghilangkan uban pada anak usia muda sekaligus cara menghitamkan rambut, semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Baca juga link di bawah ini ya, pastinya bermanfaat!

Yuk Cobain Masker Telur Untuk Kulit Wajah Cantik & Sehat!

Manfaat Super Lidah Buaya, Sering Diabaikan Padahal Menyehatkan!

Jadikan Payudara Menjadi Cantik & Sehat Dengan Tips Menarik Berikut Ini!

author
No Response

Leave a reply "8 Cara Alami & Ampuh Menghitamkan Rambut Beruban di Usia Dini"