Resep Ayam Kremes Khas Indonesia

No comment 1410 views

resep ayam kremes

Resep ayam kremes – Ayam goreng kremes memang sudah sangat terkenal di dunia kuliner Indonesia. Makanan khas Jogjakarta ini sudah mendunia, seperti layaknya ayam Taliwang dan Kalasan yang mudah sekali kita jumpai restorannya di kota-kota besar tanah air. Apa yang istimewa dari ayam goreng ini? Selain rasa yang gurih, ada sensasi kremes di gigitannya, pastinya adalah karena bumbu dicampur dengan tepung beras menjadikannya kriuk-kriuk dan juga sensasi kress sehingga resepĀ ini wajib anda coba di rumah.

Kunci dari ayam goreng kremes terletak di bumbunya, ayam dilumuri dengan bumbu halus terlebih dahulu sebelum digoreng. Proses perebusan ayam dilakukan benar-benar matang dan bumbu meresap. Nah, sisa dari rebusan bumbu ayam digunakan untuk membuat serpihan kremes yang renyah. Nikmati serpihan renyah hanya dengan nasi hangat dan sambal.

Ini dia resep dan cara membuat resep ayam goreng kremes:

Bumbu bahan utama :

  • 1 ekor ayam, potong 4 bagian
  • 500 ml air putih
  • minyak untuk menggoreng secukupnya

Bumbu ayam yang dihaluskan:

  • 6 buah bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 6 butir kemiri
  • 1/2 sendok makan ketumbar
  • 1 sendok teh garam

Bahan untuk kremes:

  • 350 ml air rebusan ayam (kaldu) berbumbu
  • 3 sendok makan tepung beras

Setelah semua bahan dan juga bumbu terkumpul, berikut ini adalah tips resep ayam kremes khas Indonesia dengan cita rasa yang gurih:

Tata cara membuat ayam goreng kremes:

  1. Pertama lumuri ayam dengan bumbu halus kemudian remas-remas hingga rata seterusnya diamkan selama 30 menit hingga bumbu meresap kedalamnya.
  2. Rebuslah ayam tersebut bersama air, biarkan sampai ayam matang lalu angkat dan tiriskan, kemudian sisihkan kaldu ayam.
  3. Panaskan minyak goreng, lalu goreng ayam hingga matang dan kering keemasan, angkat, tiriskan.
  4. Campurkan bahan kremes dengan kaldu ayam berbumbu aduk aduk hingga rata.
  5. Terakhir goreng adonan tepung kremes sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga kering keemasan. Angkat, tiriskan.

Dengan cita rasa yang khas dan gurih, ayam kremes ini bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat bagi pecinta kuliner di Indonesia. Niat dan tekad serta kemauan yang tinggi akan mendorong kita lebih kreatif, salah satunya adalah menemukan resep menu baru yang bisa menjadi pilihan dalam memasak dirumah sehingga penghuni rumah tidak akan bosan dengan makanan yang itu-itu saja.

No Response

Leave a reply "Resep Ayam Kremes Khas Indonesia"