Resep Membuat Donat Kentang Empuk, Lezat, & Lembut


Resep donat kentang
– Setiap kita tentunya mengenal kue donat, kue yang satu ini begitu populer hingga seluruh kalangan usia menggemari donat. Sangking karena banyak disukai telah banyak produk-produk donat terkenal yang banyak tersebar di seluruh dunia seperti Dunkin Doughnuts, Singapore, J-Co, dan lain-lain. Namun baru-baru ini ada kabar yang mengejutkan tentang salah satu produk donat terkenal, jadi donat ini setelah diteliti ternyata mengandung bahan lilin yang tentunya sangat bahaya bagi tubuh.

Selain itu pernah terdengar juga kabar beberapa waktu lalu setelah mengonsumsi salah satu produk donat ternama, seseorang meninggal karena keracunan donat tersebut. Hal seperti itu tentunya menjadi hal yang menakutkan Bunda bukan? Maka dari itu, lebih baik Anda membuat sendiri kue donat karena pastinya akan terhindar dari bahan-bahan berbahaya dan pengawet yang bisa merusak tubuh.

Kali ini kami akan memberikan resep donat kentang yang pastinya tekstur nya empuk dan lembut. Selain enak, menggunakan bahan dasar kentang juga sehat bagi tubuh, karena seperti yang kita ketahui bahwa kentang memiliki sangat banyak nutrisi bermanfaat bagi tubuh. Nah langsung saja simak di sini cara pembuatannya!

Siapkan bahan-bahan untuk resep donat kentang berikut ini:

  • ½ kg tepung terigu tinggi protein
  • 4 butir telur
  • ¼ kg kentang
  • ¼ kg mentega
  • 11 gram ragi
  • 1 sdt garam
  • 4 sdm gula pasir
  • 3 sdm susu bubuk full krim
  • 1 sdt baking powder
  • 100 ml air
  • Mintak goreng secukupnya

Bahan Topping

  • 100 gram Dark Cooking Chocolate
  • 2 sdm margarin
  • Meises, Keju, Gula Halus

Sekarang ikuti langkah-langkah pembuatannya di bawah ini!

  1. Potong-potong kentang menjadi beberapa bagian, lalu rebus hingga matang.
  2. Setelah matang, angkat kentang kemudian haluskan dengan diblender atau ditumbuk.
  3. Setelah itu masukkan tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, ragi, telur, baking powder dan campurkan menjadi satu dengan kentang yang sudah dihaluskan tadi. Kemudian aduk selama kurang lebih 20 menit.
  4. Anda bisa mengaduk dengan tangan, atau dengan alat penggiling berbahan kayu, setelah diaduk diamkan 30 menit sampai adonan mengembang.
  5. Setelah adonan mengembang, bagilah adonan tersebut menjadi beberapa bagian dengan ukuran dan jumlah sesuai selera Anda
  6. Diamkan kembali beberapa saat hingga adonan mengembang.
  7. Berikutnya inilah saatnya Anda membentuk adonan tersebut menjadi bentuk bulat seperti bentuk donat pada umunya atau dengan bentuk yang sesuai dengan selera Anda.
  8. Setelah itu siapkan penggorengan untuk memasak donat, goreng hingga matang dengan api sedang hingga donat menjadi berwarna kuning keemasan, Anda bisa menggunakan sumpit untuk membolak-balikkan adonan agar matang pada seluruh sisinya.
  9. Setelah semua kue donat matang, tiriskan dan sisihkan pada suatu wadah yang dilapisi kertas agar minyaknya terserap. Diamkan adonan mendingin.
  10. Sambil menunggu adonan dingin, siapkan bahan untuk topingnya bisa dengan menggunakan DCC, masaklah dan cairkan DCC tersebut untuk nantinya dioleskan pada permukaan donat, tapi oleskan pada waktu donat sudah dingin, karena jika masih panas maka coklat akan meleleh.
  11. Anda juga bisa menggunakan gula halus, meises, atau keju untuk menjadi topingnya sesuai selera Anda.
  12. Donat kentang siap dinikmati.

Demikianlah Bunda resep donat kentang dari kami katalogibu.com, selamat mencoba dan semoga berhasil ya Bunda untuk menghingkan kue donat kentang yang lezat, empuk, dan lembut bagi keluarga Anda.

Baca Juga :

Inilah Resep Membuat Tiramisu, Kue Lezat Khas Italia!

Resep Es Krim Potong Strawberry, Lezat & Bikin Ketagihan!

Resep Puding Tahu Lezat & Segar

 

author
No Response

Leave a reply "Resep Membuat Donat Kentang Empuk, Lezat, & Lembut"