Siapkan Mental Menuju Persalinan

No comment 1750 views

 

persiapan persalian

Persipan persalinan- Mengandung adalah dambaan bagi setiap wanita yang menginginkan keturunan setelah menikah. Selama kurang lebih 9 bulan lebih 10 hari mengandung, akan tiba masanya bagi Ibu untuk melahirkan buah hati. Untuk menyambut hari itu tiba, sejumlah persiapan persalinan perlu disiapkan sejak dini agar proses kelahiran dapat berjalan dengan lancar.

Nah, selain persiapan persalinan secara fisik, mulai dari perlengkapan bayi, menata kamar, memilih nama, dan lain sebagainya, persiapan persalinan secara mental juga perlu mendapat perhatian khusus. Nah, berikut ini beberapa hal untuk menumbuhkan kesiapan mental yang perlu diperhatikan selama melakukan persiapan kelahiran:

  1. Bersifat terbuka

Menjelang masa kelahiran, biasanya rasa takut dan khawatir banyak mendatangi kaum ibu. Ketakutan akan rasa sakit saat melahirkan, takut atau malu bertemu dokter, ataupun kekhawatiran terhadap kondisi fisik buah hati ketika dilahirkan nanti. Untuk melatih mental Ibu agar kuat dan siap menghadapi persalinan, sebaiknya ketakutan dan kekhawatiran seperti itu Ibu hilangkan sejak dini. Caranya adalah dengan memiliki sifat yang terbuka, baik kepada suami, dokter, maupun keluarga kepada keluarga dan orang-orang terdekat.

Sampaikanlah hal-hal kecil yang Ibu khawatirkan itu dengan jelas dan terbuka agar mendapatkan solusi atas masalah yang sedang Ibu alami tersebut. Selain memberi solusi mental selama persiapan melahirkan, biasanya dokter ataupun orang-orang terdekat Ibu akan memberikan motivasi dan mengibur Ibu agar dapat melalui persalian dengan baik. Motivasi inilah yang akan menguatkan mental Ibu dan memberikan semangat untuk menyingkirkan segala rasa cemas, takut, dan khawatir yang membebani pikiran.

  1. Optimis

Dalam mempersiapkan persalinan, sikap optimis perlu Ibu miliki untuk menumbuhkan rasa percaya diri menghadapi kelahiran. Optimis dan yakin bahwa menjadi Ibu adalah anugerah terindah yang akan Ibu jalani kelak dan rasa sakit selama proses itu tak sebanding dengan anugerah yang akan Ibu dapat nantinya. Menumbuhkan sikap optimis yang demikian dapat membentuk mental Anda semakin kuat dan semakin siap menghadapi proses melahirkan.

  1. Olahraga teratur

Olahraga selama masa hamil dapat membantu persiapan kelahiran yang lancar. Dengan olahraga seperti senam kehamilan, tubuh akan terasa bugar dan sehat. Kondisi inilah yang diharapkan untuk menjalani proses melahirkan. Dengan kondisi fisik yang sehat, dengan sendirinya mental Ibu akan terkuatkan.

  1. Senantiasa berdoa

Selain melakukan persiapan persalian secara mental, jangan lupa untuk senantiasa membarengi usaha itu dengan doa. Berdoa dengan tulus dapat membantu membuat hati dan jiwa Anda merasa tenang, sehingga Anda akan merasa lebih yakin dan siap untuk bertaruh nyawa ketika proses persalinan nanti.

Nah Ibu, jika segala usaha dan persiapan persalian sudah diupayakan dengan baik, kini Anda tidak perlu khawatir lagi. Mintalah restu dan doa dari orang-orang terdekat agar dapat menjalani persalinan secara lancar. Setelah itu, Anda dapat merilekskan tubuh dan pikiran dengan cara membayangkan betapa manisnya wajah buah hati Anda nanti.

 

 

author
No Response

Leave a reply "Siapkan Mental Menuju Persalinan"