Simak Cara Mengatasi Varises Pada Ibu Hamil

 cara mengatasi varises pada ibu hamil

Pembengkakan pembuluh darah vena pada bagian kaki, atau yang sering disebut dengan varises merupakan peristiwa yang sering menimpa ibu hamil. Gejala-gejala yang menjadi indikator adanya varises adalah pembuluh darah vena yang terlihat menonjol dari bawah permukaan kulit dengan warna biru atau ungu tua. Kaki, terutama pada bagian betis terlihat membengkak, dan kaki Anda terasa sangat berat. Kondisi tersebut tentunya menimbulkan rasa tidak nyaman. Untungnya, ada beberapa cara mengatasi varises pada ibu hamil yang dapat Anda praktekkan. Simak tips-tipsnya berikut ini, yuk.

  • Jangan Mengangkut Beban Berat

Banyak ibu hamil mungkin merasa tidak nyaman dengan hanya menghabiskan waktu dengan duduk dan tidur-tiduran. Beberapa dari Anda mungkin ingin tetap sibuk dengan membersihkan rumah. Dan walaupun hal tersebut tidak dilarang, jangan sampai Anda mengangkat benda-benda berat seperti meja atau kursi kayu. Terutama, jika saat ini Anda sedang terkena varises. Mengangkat beban berat tidak hanya berisiko mengakibatkan Anda terjatuh, tetapi juga dapat memberikan tekanan tambahan terhadap pembuluh vena pada daerah kaki. Cara mengatasi varises pada ibu hamil yang pertama, sudah pasti dengan menghindari mengangkut benda-benda berat.

  • Memperbanyak Minum Air Putih

Selama hamil, mungkin Anda cukup sering tergoda untuk menikmati minuman dengan rasa yang manis, atau minuman berkafein. Akan tetapi, ada baiknya Anda menghindari minuman berpengawet tersebut dan sebaliknya, memperbanyak konsumsi air putih.

Konsumsi air putih yang cukup tidak hanya dapat membantu menghindarkan Anda dari resiko dehidrasi, tetapi juga dapat membantu sirkulasi darah. Dengan sirkulasi darah yang lancar, maka varises yang tengah Anda alami pun akan sembuh dengan lebih cepat.

  • Menjaga Pola Makan Sehat

Seorang ibu yang tengah hamil harus memperhatikan dengan jauh lebih seksama akan makanan yang ia konsumsi tiap hari. Dengan asupan nutrisi yang tepat, tidak hanya Anda dapat menjalani masa kehamilan dan persalinan yang sehat, Anda pun akan terhindar dari resiko terkena varises. Terutama, perbanyak konsumsi makanan dengan vitamin E, Moms. Makanan dengan kandungan vitamin E, dan bawang putih memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu mencegah varises.

  • Berolahraga Ringan

Olahraga selama masa kehamilan adalah aktivitas yang wajib dilakukan. Akan tetapi, saat memilih aktivitas olahraga pun Moms harus berhati-hati. Pilihlah olahraga yang ringan, seperti berjalan santai, renang atau yoga. Olahraga dengan intensitas yang terlalu berat tidak hanya dapat membahayakan kandungan Anda, tetapi juga dapat membuat varises Anda semakin parah.

Semoga cara mengatasi varises pada ibu hamil di atas bermanfaat untuk Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Simak Cara Mengatasi Varises Pada Ibu Hamil"