Stop Malaria! Lakukan Tindakan Pencegahan & Pengobatan Ini!

stop malariaobat malaria– Malaria memang adalah salah satu penyakit berbahaya yang mematikan dan sebagian besar menyerang anak-anak. Penularan terjadinya penyakit malaria yang murni adalah karena gigitan nyamuk Anopheles yang memiliki parasit plasmodium. Prosesnya adalah nyamuk anopheles betina menggigit tubuh manusia dan akan menyedot parasit gametocytes.

Kemudian parasit tersebut mengalami siklus pertumbuhannya di dalam tubuh nyamuk dan akan merambat ke kelenjar ludah nyamuk tersebut yang pada akhirnya ketika menggigit manusia, kelenjar itu terpenetrasi menuju aliran darah kemudian menuju ke organ hati dan menggandakan diri dan menyabar ke seluruh tubuh. Penularan malaria juga bisa terjadi dengan proses yang lain seperti transfusi darah.

Tindakan yang tepat terhadap segala penyakit sebenarnya adalah pencegahan, namun memang bila sudah terkena harus dilakukan tindakan pengobatan termasuk pengobatan penyakit malaria. Nah jika anda ingin mengetahui apa saja yang bisa dilakukan untuk tindakan pencegahan dan pengobatan penyakit malaria, kami telah menyiapkan info selengkapnya untuk Anda, ayo simak ulasannya berikut ini!

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa penanggulangan malaria yang terbaik adalah dengan mencegahnya sebelum terjadi infeksi. Ada beberapa cara yang mudah dan sederhana yang bisa anda lakukan untuk mencegah malaria terjadi pada Anda, anak Anda dan anggota keluarga Anda yang lain. Dengan tindakan pencegahan yang tepat maka Anda akan terlindung dari infeksi malaria.

Cara Mencegah Malaria

  1. Bersihkan rumah anda dari genangan air yang kotor, karena nyamuk anopheles berkembang biak pada genangan air yang kotor.
  2. Sebelum tidur selalu gunakan lotion anti nyamuk yang aman dan ramah lingkungan
  3. Semprot ruangan anda secara rutin dengan obat nyamuk yang aman dan tidak menimbulkan gangguan pernafasan pada manusia
  4. Untuk Anda yang memiliki bayi, maka pakaikanlah bayi anda dengan pakaian yang menutupi bagian tubuh dengan bahan yang juga tidak panas agar bayi juga nyaman.
  5. Berikan pelindung berupa penutup atau kelambu pada keranjang tidur seperti pada gambar di bawah ini untuk melindungi buah hati Anda dari gigitan nyamuk saat tidur.pelindung nyamuk

 

Itulah tadi beberapa tindakan pencegahan untuk penyakit malaria, nah jika sudah terlanjur terinfeksi maka memang harus dilakukan tindakan pengobatan. Langkah yang tepat adalah anda pergi ke dokter malaria agar diberi penanganan khusus yang efektif untuk menyembuhkan penyakit malaria. Tapi ada obat malaria alami yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan malaria. Yuk disimak berikut ini apa saja obat malaria alami tersebut!

Gunakan daun pepaya

Nah obat malaria yang pertama adalah menggunakan daun pepaya. Caranya siapkan 2 lembar daun pepaya, kemudian cuci bersih lalu rebus daun pepaya tersebut dengan air kurang lebih 3 gelas. Saat mendidih, tunggu hingga rebusan menjadi ukuran 1 gelas saja, kemudian minumlah rebusan tersebut. Inilah manfaat daun pepaya dalam mengobati penyakit malaria.

daun pepaya utk malaria

Batang tanaman mimba

Caranya hampir sama dengan rebusan daun pepaya di atas, siapkan batang tanaman mimba sebesar jari tangan dewasa, lalu cuci sampai bersih, kemudian rebus dengan air sebanyak 500 cc dan tunggu hingga mendidih dan menyisakan rebusan sampai 250 cc, saring rebusan tersebut dan minum airnya. Minum rebusan tersebut dua kali sehari.

mimba leaves

Tanaman Sidaguri

Selain dikenal untuk mengobati asam urat tanaman sidaguri ternyata juga ampuh untuk mengobati penyakit malaria. Cara menggunakan tanaman ini adalah siapkan daun dan bunga dari tanaman sidaguri ini kemudian rebus bersama air sebanyak 250 cc biarkan hingga mendidih sampai tersisa setengah dari ukuran semula. Setelah itu saring dan biarkan sampai dingin terlebih dahulu lalu diminum.

sidaguri

Demikianlah info yang bisa kami sampaikan mengenai penyebab, tindakan pencegahan, dan obat malaria. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda yang tercinta.

Baca juga di sini artikel terkait lainnya

author
No Response

Leave a reply "Stop Malaria! Lakukan Tindakan Pencegahan & Pengobatan Ini!"