Stop Snap! Lakukan Ini Ketika Anak Berulah Moms

Katalogibu – Sudah bukan rahasia lagi seiring dengan bertumbuhan anak ada perasaan suka, bangga, bahagia. Namun, tak jarang membuat orang tua frustasi ketika anak mulai berulah dan membuat Bunda marah. Dan tak tahu apa yang harus dilakukan untuk menghadapi tingkah laku mereka. Satu sisi Bunda tahu bahwa si anak baru belajar mengeksplorasi lingkungannya, di sisi lain Bunda bingung karena tidak tahu cara menghadapi dengan tingkah lakunya.

Membiarkan anak berulah melakukan apa saja yang diinginkan juga bukan cara yang benar. Untuk menghindari dan menghentikan kebiasaan membentak saat anak mulai berulah, berikut ini tips-tipsnya :

  1. Bantuan

Mintalah bantuan kepada pasangan atau orang tua Anda ketika emosi Anda benar-benar meluap untuk menghindari bentakan dan luapan amarah pada si kecil. Ini bukan berarti Anda melimpahkan masalah kepada orang lain, ini karena orang lain ( pasangan atau orang tua) tidak mengetahui masalah dari awal, dan biasanya mereka lebih tenang untuk menyelesaikan masalah.

  1. Pengertian

Berikan batasan waktu yang pasti saat anak berulah dan kenapa Anda marah. Anda tidak dianjurkan untuk terus menerus mendiamkan anak saat marah karena si anak masih kecil dan butuh bimbingan. Berikan pengertian yang tegas namun tetap lembut seperti “ Mama sedang marah bila kamu melakukan ini”. Dengan begitu anak akan berpikir Anda akan marah bila dia melakukannya.

  1. Tunjukkan bila Anda marah

Saat Anda marah, hal pertama yang akan Anda lakukan adalah membentak. Mulai sekarang hindari membentak dan coba ganti dengan “ Ibu sedang marah sekarang”. Bila anak tidak juga berhenti berulah setelah Bunda mengatakannya, cobalah menggendong atau memeluk anak dan biarkan dia merasa nyaman lalu katakana bahwa Anda marah jika si anak melakukannya. Karena komunikasi merupakan salah satu hal penting. Tetapi yang perlu diingat hindari mengucapkan ancaman dan kendalikan nada bicara Anda ya Bunda.

  1. Instropeksi diri

Membuka diri untuk selalu memperbaiki kondisi emosional Bunda, Dalam setiap interaksi dengan anak, Bunda sendirilah yang memiliki pilihan untuk menenangkan situasi atau memanaskan situasi bila tidak ada orang lain yang dapat membantu. Bersikaplah sebagai orang tua yang berusaha mengatur kondisi emosi Bunda terlebih dahulu. Bagaimana Bunda memperlakukan si kecil ketika menyuruh, melarangnya melakukan sesuatu.

Untuk itu Moms, sebisa mungkin hindari membentak ketika anak berulah, dan gunakan kepala dingin untuk mengatasinya. Semoga tips-tips mengatasai dan menghindari bentakan ketika anak berulah ini bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "Stop Snap! Lakukan Ini Ketika Anak Berulah Moms"