Stres di Usia 20 Tahun Bisa Sebabkan Keguguran; Percaya?

pregnant woman with  headache and pain

Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa saat ibu hamil dilanda stres, maka akan semakin besar kemungkinan ia mengalami keguguran. Hal tersebut dikarenakan hormon kortisol yang diproduksi oleh tubuh ibu saat stres dapat menimbulkan gangguan pada penyaluran nutrisi untuk si kecil sehingga mengkaibatkan pertumbuhannya terhambat. Tapi siapa yang menyangka kalau ternyata stres di usia 20 tahun bisa sebabkan keguguran, atau memperbesar kemungkinan terjadinya keguguran saat Anda hamil nanti?

 
Sebuah studi penelitian yang dilakukan oleh sekelompok peneliti dari University College of London dan Zhejang University dari China menghasilkan kesimpulan yang sangat mengejutkan, bahwa ternyata stres di usia 20 tahun bisa sebabkan keguguran. Hal tersebut bahkan dikatakan bisa terjadi dalam rentang waktu yang lama, yaitu antara di tahun-tahun dimana ia tidak hamil hingga di tahun wanita tersebut sudah hamil.

 
Penelitian tersebut semakin menguatkan hipotesis bahwa terlepas dari faktor sel kromosom yang mengalami kelainan, stres yang terjadi saat seorang perempuan menginjak usia 20 tahun, dan bahkan sebelum ia memiliki anak dapat berpotensi mengakibatkan ia mengalami keguguran. Lebih lanjut menurut para peneliti tersebut, hormon stres yang terlepas dan beredar di dalam tubuh saat seorang wanita mengalami stres akan mempengaruhi jalur biokimia di dalam tubuh yang sangat berperan besar terhadap jalur pemberian nutrisi pada bayi nantinya. Kehamilan akibat stres tersebut umumnya terjadi ketika ibu hamil mulai memasuki usia kehamilan 24 minggu.

 
Faktor dari stres tersebut juga ada bermacam-macam, Bunda. Bisa jadi sumber stres tersebut datang dari permasalahan yang dihadapi saat wanita tersebut berada di dalam setting sosial. Mungkin ia dikelilingi oleh keluarga penuntut, atau bisa jadi ia justru tidak dapat berbaur dengan tetangga-tetangga sekitar rumahnya dengan baik. Masalah yang lain bisa juga disebabkan akibat faktor finansial, atau bisa juga karena ia mengalami hal-hal yang membuat ia trauma semenjak ia kecil.

 
Permasalahan cekcok dengan pasangan juga turut menyumbang faktor penyebab dari seorang wanita berusia 20 tahun mengalami stres. Sedangkan bagi wanita karier, konflik dengan kolega kerja atau stres akibat pekerjaan yang menumpuk ditambah dengan sedikitnya waktu untuk beristirahat juga dapat meningkatkan resiko stres hingga 42%.

 
Stres dalam jangka waktu yang lama memang sangat tidak menyehatkan. Apalagi, stres di usia 20 tahun bisa sebabkan keguguran. Hal yang bisa Anda lakukan agar tubuh Anda tidak terbebani dengan emosi stres salah satunya adalah dengan olahraga meditasi atau dengan menemukan teman yang tepat untuk mencurahkan isi hati Anda. Jangan lupa juga untuk konsumsi makanan yang bergizi dan berolahraga rutin, ya!

author
No Response

Leave a reply "Stres di Usia 20 Tahun Bisa Sebabkan Keguguran; Percaya?"