Sudah Tahu Cara Yang Benar Memandikan Bayi?

Manfaat Sendawa Bagi Bayi

Merawat kebersihan bayi adalah hal yang wajib untuk dilakukan bagi semua orangtua. Bayi yang bersih otomatis akan menjadi bayi yang tumbuh dengan sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Bayi yang terlihat dekil tidak hanya akan mengalami berbagai macam masalah kesehatan tapi juga tidak sedap dipandang mata. Namun, memandikan bayi bagi seorang ibu muda bisa jadi saat yang sangat mendebarkan. Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah mengetahui cara yang benar memandikan bayi.
Pertama-tama, cara yang benar memandikan bayi adalah, Anda wajib memperhatikan temperatur air yang digunakan untuk memandikan bayi. Air yang digunakan haruslah memiliki temperatur hangat. Air yang terlalu panas dapat mengakibatkan kulit bayi melepuh, sedangkan air yang terlalu dingin dapat mengakibatkan kulit bayi menjadi kering dan bayi juga beresiko terkena flu. Cara mengecek ketepatan temperatur air bisa dilakukan dengan mencelupkan bagian siku Anda pada air mandi bayi.
Mulailah membasuh wajah bayi dengan mengusap mata bayi dengan menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat. Jangan lupa juga untuk mengusap area sekitar wajah dan mulut bayi. Setelah itu lanjutkan dengan membasuh bagian kelapa, wajah, dada, leher, lengan, punggung dan tungkai. Bersihkan area-area lipatan di tubuh bayi dengan lebih seksama. Bersihkan juga bagian lubang hidung bayi dan bagian terluar dari telinga bayi dengan menggunakan kapas basah.
Setelah itu, sabuni bagian tubuh dan mengeramasi rambut bayi. Saat membilas shampoo dari kepala bayi, berhati-hatilah agar sabun tersebut tidak masuk ke dalam mata bayi. Setelah itu masukkan bayi perlahan ke dalam bak mandi dengan menyangga bagian ketiak dan pantat bayi. Topang bagian leher dan pundak bayi, sabuni tubuh bayi dan bilas.
Untuk mengangkat bayi dari bak mandi, sekali lagi sanggalah tubuh bayi dengan satu tangan Anda dan angkat pantat bayi dengan tangan Anda yang lain. Tepuk-tepuk lembut tubuh bayi dengan menggunakan handuk hingga tubuhnya kering. Tetap balut tubuh bayi dengan handuk selagi Anda memasangkan popok, dan copot handuk saat Anda akan memakaikan baju pada si kecil.
Demikianlah beberapa langkah cara yang benar memandikan bayi. Dan Moms, ada satu hal lagi yang wajib Anda perhatikan. Yaitu, sebelum memandikan bayi jangan lupa untuk menyediakan berbagai macam keperluan bayi, mulai dari sabun, shampoo, dan handuk ada di dekat Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Sudah Tahu Cara Yang Benar Memandikan Bayi?"