Tau Kah Moms, Bahaya Polusi Udara Pada Ibu Hamil?

Katalogibu – Hidup di kota metropolitan dan sering berakatifitas di luar ruangan mengakibatkan moms akan sering menghirup udara. Seperti yang diketahui, udara saat ini  sudah tidak bersih lagi akibat asap kendaraan, asap rokok, dan limbah pembuangan pabrik yang semakin menjadi. Hal itu, sangat membahayakan bagi setiap orang yang menghirupnya. Lantas, bagaimana jika wanita yang sedang hamil menghirup polusi udara? Yuk, simak ulasannya di bawah ini

 

  1. Bayi Berumur Pendek

Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang dilahirkan dengan paparan polusi mengakibatkan bayi berumur pendek. Ini disebabkan bayi yang dilahirkan memiliki Telomer yang pendek. Telomor sendiri adalah bagian dari gen yang dapat memprediksikan terjadinya penuaan biologis.

 

  1. Kecacatan

Tidak main-main polusi pada air bisa mengakibatkan bayi cacat seumur hidup, apabila air yang terkena polusi dan mengandung logam masuk kedalam tubuh ibu hamil.

 

  1. Kecerdasan Berkurang

Ini dikarenakan kurangnya suplai oksigen ke otak bayi, jika ini terus berlanjut sangat berbahaya bagi bayi. Akibat dari ini bayi kecerdasanyya akan berkurang, mempunyai daya tangkap yang lemah dan tingkat konsentrasinya rendah.

 

  1. Berat Badan Bayi Rendah

Polusi yang dihirup dan masuk ke dalam tubuh menyebabkan terganggunya penyerapan nutrisi ke dalam tubuh janin. Sehingga bayi kekuangan nutris yang mengakibatkan berat badannya kurang.

 

  1. Penyakit Saluran Pernafasan

Akibat dari menghirup udara yang kotor bayi terganggu pertumbuhannya dan paru-paru bayi tidak bisa berkembang dengan sempurna. Jika pertumbuhan pada paru-paru bayi terganggu mengakibatkan bayi pernafasan bayi pun terganggu jika polusi masuk kedalam tubuh ibu hamil.

 

  1. Gangguan Pendengaran

Dari sebuah penelitiah membuktikan fakta bahwa ibu hamil yang bekerja di area indrustri yang banyak polutan dan daeranya bising, bayi yang berada di dalam kandungan rentan terkena gangguan pendengaran. Meskipun usia bayi dikandungan sudah mencapai usia 7 bulan dimana bentuknya sudah mulai sempurna tetap akan mengakibatan gangguan pendengaran.

 

  1. Keguguran

Parahnya, akibat Polusi Udara yang terjadi bisa mengakibatkan keguguran. Ini di sebabkan masuknya polusi yang berlebih kepada ibu hamil sehingga bayi tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan sempurna dan janin cenderung akan menggugurkan diri.

 

Itulah bahaya yang di akibatkan oleh Polusi Udara pada janin. Moms, harus mewaspadai agar polusi tidak masuk ke tubuh moms. Paling tidak gunakan masker saat beraktifitas di luar ruangan ya moms.

author
No Response

Leave a reply "Tau Kah Moms, Bahaya Polusi Udara Pada Ibu Hamil?"