Tepat Memilih Tempat Penyimpanan ASI

No comment 2459 views

Tepat Memilih Tempat Penyimpanan ASI

Botol penyimpan ASI – Botol penyimpan ASI merupakan barang yang sangat penting ketika anda sudah melahirkan. Botol penyimpan ASI dipakai pada saat ana menyimpan ASI yang telah dipera menggunakan alat pemompa ASI. Karena ASI sangat penting untuk pertumbuhan bayi anda terlebih dalam usia 0 sampai 6 bulan sehingga anda perlu memerah susu dan menyimpannya di botol penyimpan ASI.

Terlebih lagi jika anda merupakan ibu yang sangat sibuk dan bekerja dikantor sehingga tidak ada waktu untuk menyusui langsung buah hati anda. ASI sebaiknya diberikan sampai usia bayi mencapai 2 tahun, baru boleh dilanjutkan dengan pemberian susu formula.

Meskipun kandungan yang terdapat didalam susu formula tidak selengkap ASI namun tetap bermanfaat untuk tubuh dan kebutuhan lainnya bisa berasal dari makanan. Untuk menyimpan ASI anda perlu memperhatikan botol yang anda pakai karena bisa saja itu tidak baik untuk dipakai.

Alasan paling utama dalam memperhatikan tempat penyimpanan ASI adalah untuk memastikan bahwa kualitas dari Mommy ASI yang disimpan tidak mengalami penurunan dan dapat mengganggu kesehatan sang bayi. Berikut beberapa tips memilih tempat penyimpanan ASI:

  • Faktor kebersihan

Hal pertama yang pertama yang harus Anda ketahui dalam memilih tempat penyimpanan ASI adalah dengan memperhatikan faktor kebersihan botol. Biasanya yang dipilih adalah botol kaca yang mana menggunakan tutup karet.

  • Bebas zat karsinogen

Pastikan memastikan bahwa botol tersebut tidak tercemar atau mengandung zat berbahaya terutama karsinogen. Zat karsinogen pada umumnya terdapat pada botol plastik dimana akan beresiko membuat sang bayi terganggu kesehatannya. Pastikan juga memilih botol yang mana mudah dibersihkan dan dapat digunakan kembali.

  • Suhu tempat penyimpanan

Dalam memilih tempat penyimpanan asi adalah mengenai suhu. Anda dapat menyesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan. Maksudnya adalah Anda perlu untuk memastikan bahwa bila kebutuh untuk menyimpan ASI pada waktu yang lama, Anda dapat memilih ide untuk menyimpan ASI pada kulkas atau lemari pendingin.

Bila menyimpan asi pada kulkas atau lemari pendingin, maka Anda dapat menjaga kualitas dari ASI tersebut selama tiga hari. Akan tetapi bila Anda ingin menyimpan lebih lama,  pilihlah tempat menyimpan ASI yang sudah dibotolkan pada freezer yang dapat bertahan selama satu bulan.

Selain itu Anda juga perlu memperhatikan dengan benar cara penyajian ASI setelah disimpan. Bila menyimpan pada kulkas, tentu saja tidak boleh langsung diberikan pada bayi. Anda harus menghangatkan terlebih dahulu ASI yang terdapat pada botol tersebut. Pastikan untuk menunggu ASI cair sebelum diberikan pada buah hati Anda.

No Response

Leave a reply "Tepat Memilih Tempat Penyimpanan ASI"