Terapi Musik Klasik Rahasia Anak Jenius ?

No comment 810 views

 m1

rahasia musik klasik – Apa yang ada dibenak anda tentang musik klasik ? Mungkin anda menganggap musik klasik sebagai musik yang membosankan atau bahkan musik kuno . Namun setelah mendengar informasi bahwa musik klasik bermanfaat untuk terapi, musik klasik mulai didengarkan orang – orang untuk menenangkan pikiran dan otot . Bahkan sekarang banyak orang yang mulai percaya bahwa musik klasik dapat membuat anak – anak cerdas .

Apakah informasi tersebut benar ? Mengapa hanya musik klasik yang baik untuk terapi ? Dan kapan waktu yang tepat untuk memulai terapi musik klasik ? Berikut simak jawabannya

Fakta Tentang Terapi Musik Klasik

  • Benarkah terapi musik klasik dapat membuat anak cerdas ?

Tentu semua orang tua mengingikan anaknya cerdas . Cerdas adalah seseorang yang dapat menggunakan kemampuan berpikirnya secara seimbang dan dapat menambahkan ide – ide kreatif . Untuk menjadikan anak cerdas tidaklah dengan cara instan . Perlu dibutuhkan latihan untuk menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri . Sekarang sudah banyak informasi tentang cara mencerdaskan anak yang beredar dikalangan orang tua mulai dari senam otak bahkan sampai dengan terapi musik klasik  .

Masih belum ada bukti apakah musik klasik dapat membuat anak cerdas . Menurut David Baron, Kepala Psikiatri dari Fakultas kedokteran Universitas Temple Amerika bahwa kecerdasan seorang anak diturunkan sekitar 60 – 80 persen secara genetik oleh orang tua . Meskipun belum dapat membuktikan bahwa musik klasik dapat membuat anak cerdas para peneliti sudah menyetujui bahwa terapi musik klasik dapat melatih otot agar dapat bekerja secara maksimal terutama otak kanan yang memiliki peranan besar terhadap imajinasi dan kreativitas . Jadi kesimpulannya terapi otak kanan buakn berarti dapat mencerdaskan anak tapi hanya dapat menstimulasikan kemampuan otak kanan dan otak kiri .

  • Mengapa harus musik klasik yang dijasikan terapi untuk anak ? 

Dr. Kuei Pin Yeo, Kepala Yayasan dan Sekolah musik di Jakarta mengatakan bahwa irama yang terdapat dalam musik klasik memiliki nada – nada yang bervariasi . Musik klasik memiliki kategori frekuensi 5000 – 8000 Hz . Itulah rahasia musik klasik yang dapat merangsang tubuh dan pikiran menjadi rileks sehingga akan menghasilkan hormon endorfin dan serotonin yang dapat menyebabkan detak jantung menjadi stabil dan dapat membuat tubuh menjadi rileks . Hal inilah yang dapat mendukung otak untuk berkonsentrasi yang lebih baik .

  • Mulai kapan terapi musik klasik harus dilakukan ? 

Para orang tua dapat melakukan terapi musik klasik pada anak – anak sejak dini . Pelajaran seni yang dikenal kepada anak sejak kecil atau masih dalam kandungan dapat membantu mereka berpikir secara maksimal . Hasil riset dari Dr. Chapman J.S Akademis dari NewYork University dapat disimpulkan bahwa terapi musik klasik dapat dilakukan pada ibu hamil saat usia 26 minggu dimana janin sudah dapat mendengar dengan bantuan cairan ketuban yang dapat membantu menstimulasikan otak janin . Bagi ibu hamil terapi musik klasik dapat dilakukan pagi ataupun malam hari . Dengarkan musik klasik selama 30 menit selama sehari . Terapi musik dapat dalam keadaan santai atau sambil duduk .

Itulah beberapa rahasia musik klasik yang perlu anda ketahui . Selamat mencoba ! Baca juga Bayi Cerdas ? Yuk Penuhi 5 Nutrisi Ibu Hamil

 

author
No Response

Leave a reply "Terapi Musik Klasik Rahasia Anak Jenius ?"