Ternyata, Ini Penyebab Anak Susah Makan

1292486_104e23380707576aa6f859415ffdf830_640x640

Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen dimana anak Anda susah sekali makan. Dan untungnya, hal tersebut adalah masalah klasik jadi Anda tidak sendirian. Akan tetapi, tetap saja Anda dibuat pusing tujuh keliing gara-garanya. Ada berbagai macam penyebab kenapa anak Anda menolak untuk menyantap hidangan yang Anda berikan. Dan, tugas Anda adalah mengidentifikasi penyebabnya sekaligus mencari jalan keluarnya. Kira-kira, apa saja nih penyebab anak susah makan?
Hmm, penyebab anak susah makan yang pertama bisa jadi karena ia merasa bosan. Faktor ini umumnya terjadi jika anak Anda terus-terusan mengkonsumsi satu jenis makanan dalam waktu yang relatif lama. Moms, sama seperti orang dewasa, anak kecil pun bisa merasakan bosan terhadap sesuatu.
Jadi, jika ini adalah kesekian kalinya Anda menghidangkan nasi dan lauk yang sama, mungkin sudah saatnya buat Anda untuk bereksperimen dengan resep masakan anak yang lain. Siapa tahu dengan demikian anak Anda pun kembali bersemangat untuk makan.
Yang kedua, bisa jadi karena anak Anda adalah seorang picky-eater. Sejak umur 1 tahun, anak Anda sebenarnya sudah mulai membentuk preferensi makanan yang ia sukai maupun yang tidak ia suka. Biasanya, anak Anda akan cenderung menyukai makanan dengan tekstur yang kaya, atau makanan yang memiliki rasa manis dan gurih. Sebaliknya mereka kurang menyukai makanan dengan tekstur yang lembek dengan rasa yang hambar atau pahit.
Nah, itulah kenapa kebanyakan anak-anak akan menyisihkan sayur dari piring mereka. Nah, untuk mengakali si picky-eater ini Anda perlu berpikir kreatif, Moms. Salah satu caranya adalah dengan mengolah sayuran yang ia tidak suka menjadi hidangan yang ia gemari. Contohnya, seperti kreasi cake wortel atau cupcake bayam. Anak senang, nutrisi pun dapat!
Faktor ketiga, yang juga cukup sering terjadi pada anak-anak adalah mereka menolak untuk makan padahal sudah masuk waktunya makan. Jika ditanya, mereka selalu menjawab kalau mereka masih kenyang. Wah, bisa jadi Anda terlalu sering membolehkannya mengemil, Moms. Dan tentunya kebiasaan itu tidak bagus, karena selain anak menjadi tidak terbiasa untuk disiplin, makanan camilan yang dimakannya pun sudah pasti mengandung sedikit sekali nutrisi yang bermanfaat untuk tumbuh kembangnya.
Alangkah baiknya bagi Anda untuk membatasi waktu mengemil anak Anda. Misalnya, dengan melarang mereka mengemil satu jam sebelum jam makan siang. Perkenalkan juga camilan buah-buahan yang jauh lebih bernutrisi untuk anak Anda.
Demikianlah beberapa penyebab anak susah makan sekaligus cara mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Ternyata, Ini Penyebab Anak Susah Makan"