Ternyata Merokok saat Hamil Sebabkan Anak Antisosial

141017183730_1_900x600

Sudah jadi berita lawas bahwa merokok hanya menyumbangkan dampak negatif pada manusia, bahkan hewan. Dalam sebatang rokok saja sudah menyimpan lebih dari 4000 bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan. Bahkan rokok juga mengandung lebih dari 60 jenis zat penyebab kanker. Jadi tak heran jika perokok lebih berisiko terkena berbagai macam kanker dan penyakit kardiovaskular dibandingkan non-perokok. Dan tahukah Bunda bahwa ternyata merokok saat hamil sebabkan anak antisosial?

 
Sekilas, mungkin akan sulit menalar bahwa merokok saat hamil sebabkan anak antisosial. Tapi, korelasi antara merokok dengan gangguan perilaku tersebut ditegaskan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli riset di Brown University dan University of Maryland. Penelitian tersebut melibatkan kurang lebih 3,443 anak dari para wanita yang sempat mengikuti project Collaborative Perinatal Project (CPP) yang diselenggarakan di kota Boston pada tahun 1959-1966.

 
Para peneliti tersebut melakukan penelitian berdasarkan data yang didapat dari riset CPP. Dari sana, peneliti dapat memperoleh informasi tentang kebiasaan yang dilakukan oleh para ibu hamil, salah satunya adalah kebiasaan merokok. Hasil dari wawancara dengan anak-anak tersebut kemudian dibandingkan dengan kriteria diagnosis terhadap perilaku antisosial dan kelainan perilaku lainnya.

 
Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa, aktivitas merokok berpotensi meningkatkan kelainan hormon dan fungsi otak pada anak sehingga mengakibatkan ia mengalami gangguan kepribadian saat ia besar nanti. Anak-anak dari para ibu perokok umumnya terlibat di dalam kenakalan remaja sekaligus menunjukkan lebih dari tiga gejala dari kepribadian antisosial saat mereka menginjak usia dewasa.

 
Dengan kata lain, merokok saat hamil paling tidak akan memperbesar kemungkinan Anda memiliki anak dengan kepribadian antisosial nantinya. Tak hanya itu, merokok juga dapat mengakibatkan ibu mengalami keguguran atau abortus spontan. Kandungan nikotin dan zat-zat berbahaya di dalam rokok akan masuk ke dalam sistem peredaran darah ibu dan berakibat pada menyempitnya pembuluh darah. Asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi pun akan tersendat, dan bayi yang tidak memperoleh nutrisi yang cukup akan terhambat perkembangannya. Bayi bisa terlahir prematur dengan berat badan yang rendah atau bahkan bayi bisa mengalami stillbirth atau mati di dalam kandungan sehingga terpaksa digugurkan. Itulah mengapa sebaiknya Anda menghindari rokok, baik sebagai perokok aktif maupun perokok pasif.

 
Demikianlah sekilas info bahwa merokok saat hamil sebabkan anak antisosial. Semoga informasi ini dapat membantu Anda meraih usia kehamilan yang sehat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Ternyata Merokok saat Hamil Sebabkan Anak Antisosial"