Terserang Sakit Kepala Saat Menyusui? Berikut Adalah Penyebabnya

Sakit Kepala Saat Menyusui

Bunda, pernahkah Anda mendadak merasakan pusing saat di tengah-tengah sesi menyusui si kecil? Mungkin pada awalnya Anda tidak terlalu menghiraukannya, Anda berpikir bahwa rasa pusing tersebut akan menghilang dengan sendirinya. Namun setelah beberapa minggu berlalu, gejala tersebut masih saja timbul dan mau tak mau hal tersebut membuat Anda merasa resah. Apakah sebenarnya yang menyebabkan sakit kepala saat menyusui?

  • Dehidrasi

Bunda, dalam sehari berapa gelas air yang Anda konsumsi? Memperhatikan kondisi tubuh agar tetap hidrasi tetap menjadi top principle bagi siapapun, terutama oleh ibu yang tengah menyusui. Hal tersebut disebabkan karena cairan ASI mengambil sebagian besar pasokan cairan di dalam tubuh, sehingga cairan di dalam tubuh Anda pun akan berkurang lebih cepat.

Saat cairan di dalam tubuh berada di ambang wajar, hal tersebut akan mengakibatkan pengentalan darah sehingga mengakibatkan distribusi oksigen ke bagian otak menjadi melambat. Kepala Anda menjadi pusing karena otak sedang berusaha memberikan pesan bahwa organ tersebut tengah kekurangan oksigen.  Coba tingkatkan pasokan cairan dengan mengkonsumsi kurang lebih 8 gelas air perhari untuk mencegah tubuh dari terkena dehidrasi.

  • Kelelahan

Kehidupan Anda setelah memiliki bayi tentu berubah 180 derajat. Sudah bukan rahasia lagi bagi orangtua yang mengalami penurunan jam tidur, terlebih lagi jika bayi Anda terserang penyakit, maka seringkali Anda akan begadang semalaman untuk merawat bayi Anda.  Baca juga: Wajib Waspada! Berikut Adalah Dampak Hipertensi Saat Hamil

Rasa pusing yang Anda alami saat menyusui bisa jadi disebabkan oleh pendeknya waktu Anda dalam beristirahat. Saat tubuh Anda tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk beristirahat maka sistem metabolisme tubuh pun akan terganggu. Tekanan darah pun anjlok sehingga mengganggu sistem peredaran darah menuju kepala. Hal tersebut mengakibatkan kepala Anda terasa sakit atau pusing. Cobalah sebisa mungkin untuk tidur selama 7-8 jam, Anda dapat bergantian menjaga si kecil dengan suami Anda.

  • Hipertensi

Gejala pusing saat menyusui juga bisa menjadi pertanda dari Anda terkena hipertensi, atau tekanan darah tinggi. Faktor penyebab dari hipertensi adalah faktor genetik, namun bisa juga disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat. Mungkin setelah Anda melewati proses persalinan Anda merasa saat itu adalah saat yang sempurna untuk kembali memanjakan diri Anda dengan mengkonsumsi makanan-makanan gorengan atau berlemak tinggi.

Walaupun tidak ada salahnya untuk sedikit memanjakan diri, Anda wajib mengingat bahwa hipertensi merupakan induk dari berbagai macam penyakit, mulai dari stroke hingga penyakit jantung koroner.

Demikianlah beberapa penyebab dari sakit kepala saat menyusui. Semoga membantu, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Terserang Sakit Kepala Saat Menyusui? Berikut Adalah Penyebabnya"