Tips agar Persalinan Lancar dan Normal

No comment 1730 views

persiapan persalinan

Persiapan persalianApakah saja yang Ibu lakukan guna mempersiapkan persalinan normal? Umumnya, setiap Ibu menginginkan menjalani persalinan yang normal untuk dapat merasakan menjadi wanita seutuhnya. Nah, agar Ibu dapat melakukan persalinan secara normal, perlu melakukan beberapa persiapan fisik sebelum selama melahirkan.

Persiapan fisik ini dapat didapatkan dari layanan rumah sakit atau puskesmas terdekat. Nah, apa saja persiapan persalinan yang perlu dilakukan secara fisik agar proses melahirkan berjalan normal dan lancar? Berikut tipsnya untuk Anda:

  1. Periksa kandungan secara rutin

Memeriksakan kandungan secara terjadwal  adalah langkah yang tepat untuk dapat memantau tumbuh kembang janin Anda. Dengan melakukan pemeriksaan rutin, Anda dan dokter akan dapat mengetahui lebih awal jika terjadi masalah atau gangguan pada kehamilan sehingga dapat diberikan solusi lebih awal bahkan bisa dicegah agar tak berkelanjutan mempengaruhi perkembangan janin. Selain dapat memantau perkembangan janin, Ibu juga dapat memeriksa dan mengetahui perkembangan kesehatan, apakah memungkinkan untuk melakukan persalinan normal, atau tidak.

2. Olahraga teratur

Olahraga yang teratur dapat  membuat Anda tampak rileks dan bugar. Dengan kondisi tubuh yang sehat, bugar, dan segar, Anda dapat melakukan persalinan lancar dan normal. Untuk ibu hamil, olahraga yang disarankan dan relatif aman diantaranya adalah yoga, renang, dan senam khusus ibu hamil. Lakukanlah olahraga ini secara teratur dan berkesinambungan hingga menuju proses persalinan tiba.

3. Atur pola makan sehat

Selain dengan olahraga teratur, untuk dapat mendukung persalinan yang normal dan lancar, Anda perlu memperhatikan pola makan Anda sehari-harinya. Pastikan nutrisi Anda dan janin selalu tercukupi melalui makanan yang dikonsumsi. Dengan terpenuhinya nutrisi yang cukup, janin akan berkembang dengan baik dan normal, sehingga memungkinkan bagi Anda untuk melakukan persalinan normal. Selain kandungan nutrisi yang cukup, pastikan untuk selalu makan makanan yang bersih dan segar. Ini untuk menghindarkan Anda dari kemungkinan infeksi oleh bakteri dan kuman.

4. Latihan pernafasan

Latihlah diri Anda untuk melakukan olah pernafasan secara rutin setiap harinya. Latihna pernafasan ini sangat penting untuk membantu proses melahirkan nantinya. Anda membutuhkan ritme nafas yang cepat dalam proses lahiran, untuk itu biasakan diri Anda melatih pernafasan ini secara rutin dan bertahap. Latihan pernafasan ini akan membantu menjaga pasokan okesigen dalam rahim agar tetap lancar ketika terjadi kontraksi, sehingga Anda bisa tetap nyaman dan tetap tenang karena energi tetap terjaga dengan baik.

Nah Ibu, mulai dari sekarang rajin-rajinlah melakuakan persiapan persalinan dengan baik, mulai dari persiapan fisik hingga persiapan mental yang tidak kalah penting. Selain itu, jangan lupa untuk selalu berdoa dan berkonsultasi dengan dokter kandungan. Semoga persalinannya lancar, ya, Bu!

author
No Response

Leave a reply "Tips agar Persalinan Lancar dan Normal"