Tips Cara Memasak Makanan Bayi Yang Tepat

Makanan BayiMakanan Bayi – Bayi memiliki perut yang masih kecil dan belum terlalu kuat. Setiap makanan yang masuk ke perutnya harus kita atur baik-baik. Ada beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan dalam menyiapkan dan mengatur makanan bayi, antara lain usia si kecil, cara mengolah makanan, dan kandungan gizinya. Mari kita bahas satu persatu, dimulai dari usia bayi.

Setiap tahapan usia bayi memiliki jenis makanan bayi yang berbeda-beda. Pada usia 0-6 bulan, bayi hanya diperbolehkan mengonsumsi makanan cair, yaitu ASI. Selanjutnya masuk usia 6-12 bulan, kita sudah boleh memberikan makanan lembut dan semi-padat seperti bubur dan pisang. Lepas usia satu tahun, kita sudah lebih leluasa memberikan variasi makanan kepada si bayi, misalnya potongan buah atau sayuran. Yang perlu diingat selalu perhatikan higienitas makanan tersebut.

Selain itu, sebagai orang tua tentu harus tau tentang Cara memasak makanan bayi yang benar agar tidak terjadi kesalahan dalam membuatkan makanan pada bayi dan bayi dapat berkembang dengan baik dan sehat.

1. Hindari garam

Anda harus berhati-hati dengan jumlah garam dalam makanan yang Anda berikan pada bayi. Jangan menambahkan garam pada makanan bayi, karena membuat ginjalnya yang masih kecil dan masih dalam perkembangan harus bekerja keras. Sebaiknya juga tidak menambahkan gula karena bisa menyebabkan kerusakan gigi dan ketagihan makanan manis.

2. Mematangkan makanan

Daging dan ikan bisa dikukus, dipanggang atau dimasak dengan microwave. Daging dan ikan juga bisa digoreng atau dioven namun jangan menambahkan lemak/minyak terlalu banyak. Selalu ingat bahwa daging harus dimasak sampai matang merata sehingga tidak ada lagi bagian yang masih belum matang. Ikan sebaiknya matang dan renyah – jika masih agak kenyal berarti belum matang merata.

3. Mengukus & merebus

Buah dan sayuran bisa dimasak dengan microwave, dikukus atau direbus. Ibu juga bisa meng-oven beberapa buah misalnya apel dan pir. Pilihan yang terbaik adalah mengukus karena mengukus menjaga zat gizinya tetap utuh, tapi Ibu tidak harus menggunakan pengukus/dandang – cukup dengan wadah dengan lubang-lubang kecil, panci bergagang berisi air mendidih dan tutupnya.

No Response

Leave a reply "Tips Cara Memasak Makanan Bayi Yang Tepat"