Tips Cerdas Mendidik Anak Balita yang Senang Melempar

Tips Cerdas Mendidik Anak Balita yang Senang Melempar

Mendidik anak balita – Saat anak balita menginjak usia 6 hingga 8 bulan, ini adalah masa dimana dia sedang aktif – aktifnya dan berada pada masa peralihan. Jadi tidak heran di usia – usia ini balita sangat senang sekali melempar – lempar barang, entah itu mainan, makanan, atau benda apapun pasti dilempar.

Mungkin bunda akan merasa pusing karena rumah akan menjadi berantakan, namun disisi lain itu adalah keterampilan baru yang sangat disukai anak. Dengan melempar anak bisa belajar hal baru yaitu semua yang jatuh kelantai tidak bisa naik kembali. Anak juga jadi bisa belajar membedakan bahwa bola yang dilempar dapat memantul sedangkan kue yang dilempar akan remuk.

Untuk memberi pengertian kepada balita yang suka melempar, sebaiknya bunda harus bisa mendidik anak balita dengan cara sebagai berikut.

Tips mendidik anak yang hobi melempar

1. Benda yang boleh dilempar
Dengan memberinya mainan dan benda – benda yang boleh dilempar maka anak akan cepat mengetahui apa yang tidak boleh dilempar dan tidak. Saat ini telah tersedia macam – macam permainan yang bisa dimainkan untuk dilempar sekaligus membawa dampak positif seperti mainan bola basket dan lain – lain.

2. Jangan terpancing
Kenali dulu sebab anak melempar benda tersebut, biasanya anak melepar benda – benda untuk menarik perhatian bunda. Oleh karena itu abaikan ulahnya, jika tidak ia akan mengulanginya lagi.

3. Pegang tangannya
Saat anak akan melempar benda yang tidak semestinya segera pegang tangannya, kemudian alihkan dengan mengajaknya bermain dengan mainan yang aman seperti bola plastik dan playdough.

4. Jangan teriak
Salah satu cara mendidik anak balita yang benar adalah jangan meneriakinya. Karena jika Anda selalu berteriak maka cepat atau lambat anak akan belajar bahwa melempar benda dapat digunakan sebagai cara ampuh untuk mengancam Anda jika keinginannya tidak dituruti.

5. Rapikan bersama
Jangan menyuruh anak untuk merapikan benda yang ia berantakan sendiri. Ajak anak untuk membereskan bersama dengan bermain – main contohnya mengajak ia lomba membereskan mainan, tindakan ini merupakan cara yang tepat untuk mendidik anak balita.

6. Tindakan tegas
Jika anak melemparkan mainan/makanan ke arah bunda atau temannya, beri pengertian bahwa tindakannya itu salah dan tidak boleh dilakukan lagi. Ingatkanlah lagi, lagi dan lagi, bahwa hanya ada beberapa barang yang memang boleh dilempar untuk bermain.

7. Temani saat makan
Pada usia ini anak cenderung berantakan saat makan. Manfaatkan waktu tersebut untuk mengajarinya agar tidak melempar – lempar makanan, sesekali ajak ngobrol untuk meningkatkan kemampuan berbicaranya.

8. Beri contoh yang baik
Anak cenderung meniru apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Jika Anda suka melempar barang tentu anak akan menirunya. Beri contoh yang baik jika ada beberapa benda yang bisa dilempar sedangkan yang lain tidak. Bila anak Anda suka melempar, arahkan dengan hal yang lebih baik seperti melempar tisu bekas ke dalam keranjang sampah. Tapi tentunya sembil beri pengertian pada anak jangan asal melempar ya.

Nah bunda, itulah tips cerdas mendidik anak balita. Ingat jangan berteriak dan marah didepannya karena anak akan menirukan hal negatif yang lebih cepat dibanding dengan hal baik. Baca juga : Bagaiman sih Cara Buat Anak Cerdas?

author
No Response

Leave a reply "Tips Cerdas Mendidik Anak Balita yang Senang Melempar"