Tips Cerdas Mengatasi Demam Pada Anak!

No comment 1077 views

demamanak

demam anak – Demam adalah penyakit yang sering terjadi pada anak – anak terutama pada balita. Demam pada anak merupakan gejala adanya infeksi dalam tubuh anak baik virus ataupun penyakit. Demam pada anak biasanya terjadi akibat imunisasi, tumbuh gigi, infeksi virus atau bakteri bahkan bisa juga disebabkan oleh penyakit.

Demam yang terjadi pada anak sering sekali membuat para orang tua menjadi khawatir dan juga karena demam juga dapat menjadi penyakit demam berdarah yang sudah banyak memakan korban orang dewasa maupun anak – anak. Selain itu demam juga dapat menimbulkan kejang – kejang pada anak. Kejang kejang pada anak sangat berbahaya dan apabila tidajk segera ditangai bisa menimbulkan warna biru pada tubuhnya. Inilah yang menyebabkan para orang tua menjadi khawatir dan panik. Untuk bekal orang tua dan calon orang tua baru anda haru mengetahui beberapa tips mengatasi demam anak beriku adalah tipsnya :

Tips menganani anak yang sedang demam

  • Jangan panik

Hal paling utama yang harus dilakukan orang tua adalah jangan panik. Karena panik hanya akan menyebabkan pikiran kita tidak bisa berkonsentrasi sehingga akan sulit untuk melakukan langkah – langkah yang bijak dan baik.

  • Kompres kepala

Jika anak anda mengalami demam segera siapkan handuk atau waslap yang basah untuk mengkompres kepalanya. Gunakan air dingin atau air biasa jangan gunakan air es kecuali dalam keadaan yang genting.

  • Ukur suhu anak

Setelah itu langkah yang ketiga ukur suhu anak bila suhu anak sudah diatas 38 derajat celcius maka berilah obat penurun panas yang aman dengan dosis ringan dan tidak mengandung alkohol.

  • Basuh seluruh tubuh anak

Jika panas anak sudah mulai tinggi maka segera basuh seluruh tubuh anak dengan handuk basah, buka kancing – kancing baju dan pakaian yang melekat ditubuhnya.

  • Peluklah untuk menurunkan demamnya

Dengan memeluk atau menempelka tubuh anak dengan tubuh anda maka dapat membantu untuk menurunkan panasnya.

  • Jika kejang segera bawa ke kamar mandi

Jika anak anda mengalami kejang – kejang segera bawah mereka ke kamar mandi lalu siram tubuhnya dengan air, ganjal mulutnya dengan sendok kecil agar lidahnya tidak tergigit. Kemudian segera bawah kerumah sakit untuk mendapat pertolongan yang tepat.

  • Periksakan kedokter

Dan apabila dalam kurun waktu tiga hari demamnya tidak kunjung menurun segera bawa kedokter untuk mendapatkan tes darah dan penanganan yang lebih lanjut.

Itulah beberapa tips menangani demam anak yang bisa membantu anda untuk membantu mengatasi demamnya. Jangan panik apabila terjadi demam dan segera bawa kedokter apabila demamnya tidak kunjung – kunjung turun. Semoga bermanfaat. Baca juga yuk tentang Tips Sehat Mengurangi Berat Badan Balita 

author
No Response

Leave a reply "Tips Cerdas Mengatasi Demam Pada Anak!"