Cara Cerdas Mengatasi Jerawat Pada Bayi!

No comment 1466 views

gambar44

Cara Mengatasi Jerawat Pada Bayi – Ternyata jerawat tidak dialami oleh orang dewasa saja tapi juga bisa dialami oleh bayiBayi yang baru lahir sudah sangat umum ditumbuhi oleh jerawat. Tapi jerawat sering muncul ketika beberapa minggu setalah bayi lahir.

Bentuk jerawat pada bayi mirip dengan betnuk jerawat pada orang dewasa. Biasanya jerawat pada bayi sering muncul dibagian pipi, dagu, punggung, lengan, bahkan bisa juga muncul dibagian kaki. Pada dunia kedokteran jerawat pada bayi disebut dengan acne neoneturum. Tetapi perlu bunda ketahui tidak setiap tonjolan pada bayi bisa disebut jerawat tonjolan putih kecil yang muncul saat bayi baru lahir dan hilang dalam beberapa minggu disebut dengan milla. Jika kulit bayi teriritasi dan kelihatan bersisik daripada berjerawat, atau muncul dibagian lain dikulit bayi dan mungkin kelihatan memiliki kondisi lain atau sering disebut dengan cradle crap atau eksim. Berikut adalah penyebab dan cara mengatasi jerawat yang dialami bayi baru lahir seperti yang dikutip dari katalogibu.com :

Penyebab dan tips menangani jerawat pada bayi

  • Penyebab jerawat pada bayi

Faktor yang paling utama penyebab kulit bayi berjerawat adalah dari hormon saat ibu hamil dalam darahnya yang terbawa masuk ke dalam tubuh janin. Hormon tersebutlah yang yang akhirnya dapat merangsang kelenjar minyak didalam tubuh bayi sehingga aktif berproduksi dan menghasilkan minyak dalam jumlah yang lebih banyak. Sehingga jika minyak tersebut akan keluar dari pori – pori kulit bayi akan terhalang oleh sel – sel kulit mati yang dapat menyebabkan jerawat pada kulit bayi. Baca juga yuk artikel tentang Ini loh Tips Sehat Mengatasi Kerak Kepala Pada Bayi Dengan Alami

Selain dari faktor hormon kehamilan jerawat pada bayi dapat dipengaruhi apabila ibu yang sedang menyusui mengkonsumsi atau bayi mengkonsumsi obat – obatan yang dapat menimbulkan jerawat pada kulit bayi. Dan juga bisa disebabkan karena kulit bayi yang bereaksi terhadap jenis kosmetik yang digunakan oleh bayi tersebut. Jerawat bisa muncul saat bayi berumur 2 minggu dan akan hilang dalam waktu beberapa minggu kedepan atau jika bayi berusia 3 bulan. Karena pada usia tersebut efek hormon bawaaan dari ibu sudah mulai hilang dan juga kulit bayi sudah bertambah matang sehingga kulit bayi pun akan kembali mulus dan halus.

  • Tips merawat kulit bayi yang berjerawat

– Basuh dan bersihkanlah kulit bayi yang berjerawat dengan air hangat secara halus dan perlahan, gunakan sabun khusus bayi yang mengandung hipoalergenik.

– Keringakanlah kulit bayi yang telah diasuh dengan handuk yang berbahan dasar lembut, kemudian lap dengan cara menepuk – nepuk secara perlahan dan jangan digosok – gosok.

– Jaga kulit bayi anda agar tetap kering, jika kulitnya terkena air susu segera lap dengan kapas yang lembut dan air hangat.

– Jangan memencet – mencet  jerawat. Berikanlah salep khusus dari dokter anak dan jangan menggunakan lotion atau krim apapun pada bagian tubuh yang berjerawat.

Itulah, beberapa cara mengatasi jerawat pada bayi dengan tepat dan praktis. Jagalah selalu kebersihan dan kesehatan kulit bayi agar terbebas dari jerawat dan bahaya – bahaya lainnya yang bisa menyebabkan kulitnya iritasi.

author
No Response

Leave a reply "Cara Cerdas Mengatasi Jerawat Pada Bayi!"