Tips Cerdas Menyapih Anak dari Botol Susu

No comment 1117 views

Tips Cerdas Menyapih Anak dari Botol Susu

Menyapih anak dari botol susu – Setelah bayi sudah menginjak usia balita itu artinya si kecil sudah waktunya untuk di pisah dengan botol susu kesayangannya. Menyapih anak dari botol susunya memang bukanlah hal yang mudah, karena botol susu ini merupakan sahabat sejati bagi si kecil.

Kita sebagai orang tua pasti tidak tega melihat si kecil yang menangisi botol susunya tersebut, namun mau tidak mau hal itu harus dilakukan. Bunda tentunya tidak pernah melihat murid TK masuk sekolah sambil membawa botol susunya, bukan?

Sebenarnya menyapih anak dari botol bukanlah hal yang susah kok bunda, Anda hanya harus mengerti langkah – langkah berikut ini.

Langkah pintar menyapih anak dari botol susu

 1. Menawarkan training cup 

Saat bunda akan menyapih anak dari botol susu, mulailah menawarkan cangkir terlebih dahulu karena jika anak masih berusia 6-8 bulan, cenderung sering mengunyah cangkir daripada minum. Jika si kecil langsung menolaknya, berikan botol susu tetapi sebentar saja.

2. Sedikit trik
Trik yang satu ini wajib Anda lakukan. Yang harus bunda lakukan adalah mengelabuhinya, jika si kecil meminta susu berikan susu pada botol nya dengan takaran yang sedikit namun ketika si kecil masih meminta lagi karena kurang dan masih lapar tawarkan secangkir penuh namun tidak di botol lagi.

3.Singkirkan botolnya
Menyapih anak dari botol susu memerlukan komitmen yang tinggi. Jadi ketika bunda memutuskan ini waktunya anak berhenti menggunakan botol susu, sebaiknya botol susu pun tak lagi beredar di dalam rumah. Menyimpan botol di meja atau rak piring hanya akan membuat si kecil terus merengek dan mempersulit transisinya.

4. Mencegah kebiasaan yang melekat
Cara menyapih anak dari botol susu yang berikutnya adalah berikan botol bayi hanya diberikan ketika makan, dan tidak pada waktu lain. Jika anak punya kebiasaan minum botol susu sambil tidur, gantilah dengan mainan, boneka, dan membaca cerita sebelum tidur.

5. Berikan kebebasan memilih cangkir
Bila Anda ingin menyapih anak Anda dari botol, berilah anak kebebasan untuk memilih cangkir kesukaannya. Cangkir berwarna indah, motif yang menarik, cangkir yang ada pegangan tangannya.

6. Tekunlah
Tentu akan ada “pemberontakan-pemberontakan” kecil saat menjalani proses ini. Entah ia menangis sepanjang waktu Apapun yang terjadi, jangan menyerah. Anda telah membuat keputusan untuk menyingkirkan botolnya untuk alasan yang tepat, jadi tetaplah dengan rencana Anda.

Nah, sudah siapkah bunda untuk menyapih anak dari botol susunya? Siapkan waktu yang tepat ya bunda. Baca juga : Tahukah Anda, Waktu Minum Susu yang Baik?

author
No Response

Leave a reply "Tips Cerdas Menyapih Anak dari Botol Susu"