Tips Cermat Hindari Susu Bayi Kedaluwarsa

susu bayi

Susu bayi merupakan salah satu kebutuhan penting bagi pertumbuhan buah hati. Pada dasarnya, susu sangatlah baik untuk pertumbuhan bayi, namun produk yang telah melewati batas akhir masa pemakaian tidak akan meninggalkan manfaat kebaikan lagi dan justru membahayakan.

Susu bayi yang telah melampaui batas edar alias kedaluwarsa biasanya segera ditarik dari pasaran, namun atas kelalaian atau unsur kesengajaan, biasanya masih ada saja satu atau dua produk yang terselip di antara rak susu bayi di berbagai pusat perbelanjaan.

Nah, bagaimana cara terbaik untuk menghindari ‘jebakan’ susu kedaluwarsa ini saat berada di pusat perbelanjaan? Yuk, ikuti tips dan trik hindari susu kedaluwarsa berikut ini:

  1. Cek label

Setiap kemasan produk susu yang baik pastinya selalu menyertakan informasi yang jelas untuk konsumennya. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan lagi dengan jeli, label yang terdapat pada kemasan susu yang hendak dibeli. Label produksi yang perlu untuk diperhatikan meliputi nama produk, daftar bahan yang dipergunakan, berat atau isi bersih, dan tanggal kedaluwarsa.

  1. Cek kondisi kemasan

Produk susu yang baik pastinya memiliki kondisi kemasan yang masih baik pula. Jika dari luarnya saja sudah rusak, maka isinya pun berpotensi terkontaminasi. Untuk itu, Anda harus memastikan tidak ada perubahan bentuk, rasa, dan juga bau pada susu yang hendak dibeli. Ada baiknya, sebelum minum susu, Anda selalu memeriksa kelayakan bentuk dan rasanya.

  1. Cek tanggal kedaluwarsa

Setiap produk yang beredar di pasaran selalu dianjurkan untuk mencantumkan tanggal kedaluwarsa pada kemasannya. Untuk itu, harus selalu melihat tanggal kedaluwarsa tersebut dengan cermat. Akan sangat membahayakan jika Anda ataupun si Kecil sampai minum susu yang sudah melampaui batas kedaluwarsa ini.

Umumnya, susu bayi yang telah kedaluwarsa telah terkontaminasi oleh bakteri dan mikroorganisme lain yang membuat susunan nutrisinya berubah. Jika susu kedaluwarsa ini sampai terminum bayi, maka dampaknya akan bisa membahayakan bagi kesehatan karena dapat menyebabkan keracunan yang ditandai dengan gejala pusing, mual, dan muntah. Di sinilah kecermatan orang tua sangat dibutuhkan.

Selain cermat sebelum membeli, ada baiknya Anda juga mengecek lagi susu bayi yang ada di rumah. Jangan sampai ada susu kedaluwarsa yang tak sengaja terminum oleh keluarga. Bila perlu, laporkan kepada pihak yang berwajib jika menemukan produk kedaluwarsa tersebut ya!

author
No Response

Leave a reply "Tips Cermat Hindari Susu Bayi Kedaluwarsa"